فعالية تطبيق طريقة السمعية و الشفهية على النتائج طلاب للصف الحادي عشر فى تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية كديري العام الدراسي 2023/2022 م

Ikhwanti, Nur Dina (2023) فعالية تطبيق طريقة السمعية و الشفهية على النتائج طلاب للصف الحادي عشر فى تعليم اللغة العربية بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثانية كديري العام الدراسي 2023/2022 م. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932508619_prabab.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932508619_bab1.pdf.pdf

Download (636kB)
[img] Text
932508619_bab2.pdf.pdf

Download (689kB)
[img] Text
932508619_bab3.pdf.pdf

Download (913kB)
[img] Text
932508619_bab4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932508619_bab5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
932508619_bab6.pdf.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932508619_daftarpustaka.pdf.pdf

Download (437kB)
[img] Text
932508619_lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932508519_suratpernyataan.pdf.pdf

Download (300kB)

Abstract

Nur Dina Ikhwanti. 2023. Implementasi Penerapan Metode Dengar-Ucap Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2022/2023, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing Skripsi (1) Dr. Yuyun. Zunairah, M.Pd dan (2) Moh. Sholeh Afyuddin, M.Pd.Kata kunci: Metode Dengar-Ucap, Hasil Belajar, Bahasa Arab. Metode As-Sam'iyyah Asy-Syafawiyyah adalah cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran bahasa Arab agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki dengan cara mendengarkan dan berbicara. belajar dengan metode ini seseorang mendengarkan kata Arab baik melalui kaset atau suara pendidik kemudian mereka menirukannya secara berulang-ulang sehingga menguasai dan mengucapkan secara lancar. Belajar dengan metode ini seseorang mendengarkan kata Arab baik melalui kaset atau suara pendidik kemudian mereka menirukannya secara berulang-ulang sehingga menguasai dan mengucapkan secara lancar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Teknik analisis data adalah uji validitas dan reliabilitas, nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan uji hipotesis. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah sekitar 66 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari pretest ke posttest. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa setiap kelasnya. Pada pretestkelas kontrol mendapat nilai rata-rata 67,94 dan posttest mendapat nilai rata-rata 74,64. Pada pretestkelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 69,72 dan posttest mendapat nilai rata-rata 80,24. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode dengar-ucap efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Kota Kediri Tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Dina Ikhwanti
Date Deposited: 23 May 2023 06:30
Last Modified: 23 May 2023 06:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8299

Actions (login required)

View Item View Item