تطبيق طريقة سوروكان في تدريس مهارة قراءة الكتب الرتاثية يف املعهد اإلحسان – اجلمفسى – كديري

Mustofa, Ahmad Yasin (2018) تطبيق طريقة سوروكان في تدريس مهارة قراءة الكتب الرتاثية يف املعهد اإلحسان – اجلمفسى – كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932501614_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501614_bab1.pdf

Download (738kB)
[img] Text
932501614_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501614_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
932501614_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text
932501614_bab5.pdf

Download (924kB)
[img] Text
932501614_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Yasin Mustofa. 2018. Implementasi Metpode Sorogan Dalam Pembelajaran Maharoh Qiro’ah Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Ihsan Jampes Kediri. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing Skripsi: Ahmad Rifa’i, M.Pd, Dr. Nurul Hanani, M. H.I. Kata Kunci: Metode Sorogan, Maharoh Qiro’ah, Kitab Kuning Metode sorogan adalah metode yang dilaksanakan dengan cara santri maju satu persatu mendatangi kiyai atau ustadz, kemudian santri menyodorkan kitab dan membaca, menerjemahkan, dan menjelaskan apa yang dibaca tersebut. Adapun fokus penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana implementasi metode sorogan dalam pembelajaran maharoh qiro’ah kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Ihsan Jampes Kediri , (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran maharoh qiro’ah kitab kuning di pondok pesantren Al-Ihsan Jampes Kediri. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Implementasi metode sorogan dalam pembelajaran maharoh qiro’ah kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Ihsan Jampes Kediri adalah bertujuan untuk memperbaiki keterampilan membaca kitab kuning dan memahami qowaid bahasa Arab dalam teks kitab klasik 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Ihsan Jampes Kediri, pertama faktor pendukung , terdapat dua jenis yaitu faktor internal berupa guru dan santri, faktor eksternal berupa lingkungan dan waktu, kedua faktor penghambat, terdapat dua jenis yaitu faktor internal berupa santri, faktor eksternal berupa waktu dan minimnya guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:02
Last Modified: 11 Apr 2023 02:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8151

Actions (login required)

View Item View Item