حتليل املواد الدراسية لدرس اللغة العربية )منهج 2013 )تطبيق حبوائج الطالب للصف احلادي عشر املتخصص ابلعلم الطبيعي يف املدرسة الثانوية الإسلامية احلكومية الثانية عاجنوك

Nisa’, Anita Lailatul Fahrun (2019) حتليل املواد الدراسية لدرس اللغة العربية )منهج 2013 )تطبيق حبوائج الطالب للصف احلادي عشر املتخصص ابلعلم الطبيعي يف املدرسة الثانوية الإسلامية احلكومية الثانية عاجنوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932506715_prabab.pdf

Download (551kB)
[img] Text
932506715_bab1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
932506715_bab2.pdf

Download (357kB)
[img] Text
932506715_bab3.pdf

Download (360kB)
[img] Text
932506715_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
932506715_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
932506715_bab6.pdf

Download (181kB)
[img] Text
932506715_daftarpustaka.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932506715_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)

Abstract

ABSTRAK ANITA LAILATUL FAHRUN NISA’, Dosen Pembimbing H. Ahmad Rifa’i, M.Pd. dan Bagus Andrian Permata, M.Pd.:Analisis Materi Ajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 Berdasarkan Kebutuhan Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Nganjuk, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2019. Kata kunci: Analisis, Materi Ajar Bahasa Arab, Kebutuhan Siswa Banyak materi ajar yang telah disusun sesuai dengan kriteria penyusunan materi ajar yang baik namun tidak memperhatikan kebutuhan siswa terrmasuk dengan keadaan psikologis mereka, kebutuhan dari segi motivasi belajar serta manfaat dari materi ajar tersebut. Sebagai bahasa Asing, bahasa Arab mempunyai kesulitan tersendiri dalam mempelajarinya terkhusus untuk jurusan non keagamaan dan non bahasa. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengadakan analisis mengenai materi ajar bahasa Arab berdasarkan kebutuhan siswa kelas XI IPA di MAN 2 Nganjuk. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, karena penelitian ini menekankan pada kualitas atau hal terpenting dari suatu data. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif yaitu dengan mengamati dan menganalisis data yang ditemukan dari proses tersebut. maka pengumpulan data yang diperlukan melalui beberapa metode, yaitu wawancara dan penyebaran angket untuk mengetahui tentang 1) materi ajar bahasa Arab Kurikulum 2013 yang digunakan di kelas XI IPA MAN 2 Nganjuk, 2) Analisis materi ajar bahasa Arab Kurikulum 2013 berdasarkan kebutuhan siswa kelas XI IPA di MAN 2 Nganjuk. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) materi ajar bahasa Arab kurikulum 2013 yang digunakan oleh siswa kelas XI IPA di MAN 2 Nganjuk adalah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kementerian Agama RI Tahun 2015. Buku tersebut telah memenuhi kriteria buku teks yang baik dari segi materi, meliputi keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. 2) berdasarkan kebutuhan siswa kelas XI IPA di MAN 2 Nganjuk, beberapa materi ajar bahasa Arab yang diajarkan telah sesuai dengan kebutuhan siswa terkhusus untuk kesesuaian dengan keadaan psikologi siswa menurut teori perkembangan kognitif Jean Piaget, kesesuaian materi dengan kebutuhan motivasi belajar siswa, serta manfaat materi ajar bagi kebutuhan akademik siswa. Perlu adanya evaluasi untuk menyusun materi yang kurang sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:23
Last Modified: 03 Apr 2023 07:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8084

Actions (login required)

View Item View Item