فعالية استخدام تعلم اللغة العربية على الإنترنيت Arabic Online) ( لترقية نتائج اللغة العربية لدى طالبات معهد دار الحكمة

Umah, Rahmatul (2019) فعالية استخدام تعلم اللغة العربية على الإنترنيت Arabic Online) ( لترقية نتائج اللغة العربية لدى طالبات معهد دار الحكمة. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932503915_prabab.pdf

Download (916kB)
[img] Text
932503915_bab1.pdf

Download (989kB)
[img] Text
932503915_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932503915_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[img] Text
932503915_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
932503915_bab5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932503915_daftarpustaka.pdf

Download (439kB)

Abstract

Abstrak Rahmatul Umah, 2019. Efektifitas penggunaan program arabic online untuk meningkkan hasil belajar bahasa arab santri Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri. Penelitian Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing : Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag, Munjiyat, M.Pd.I Kata kunci : efektifitas, arabic online Teknologi dalam dunia pendidikan lebih khusus pada pembelajaran bahasa Arab sangat dibutuhkan oleh pelajar saat ini, Sejalan dengan itu, saat ini telah banyak bermunculan program pembelajaran bahasa arab online, salah satu diantaranya adalah program arabic online yang dikeluarkan oleh universitas elektronik saudi (SEU) yang saat ini telah bersedar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Adanya program arabic online ini dapat menjadi solusi masalah di ma’had datul hikmah yang dirasa pembelajarannya kurang efektif, karena keterbatasan waktu, kurangnya metode pembelajaran, kurangnya media pembelajaran, dan juga antusias pasa santri Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui proses pembelajaran bahasa arab menggunakan program arabic online, (2) mengetahui hasil pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan program arabic online, (3) mengetahui efektifitasnya terhadap hasil belajar santri ma’had darul hikmah iain kediri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest posttest, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah : (1) bahwa pembelajaran bahasa Arab menggunakan arabic online bertujuan agar siswa mendapat pengalaman secara langsung belajar bahasa arab dengan pengguna asli (native speaker), memotivasi mereka agar lebih semangat belajar bahasa arab. Kemudian tujuan lain dengan diterapkannya arabic online ini adalah agar pembelajaran bahasa arab di ma’had darul hikmah ini bisa dilakukan secara integratif dan mandiri, mengingat keterbatasan waktu pembelajaran yang sangat singkat. (2) adapun hasil pembelajaran sebelum menggunakan program arabic online mencapai rata-rata 69,75 dan hasil pembelajaran setelah menggunakan program arabic online mencapai 85,5, dari kedua data diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan arabic online dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab santri meningkat sebanyak 15,75%. (3) penggunaan arabic online ini cukup efektif, hal ini berdasarkan tabel paired t test diperoleh signifikansi 0,000 kurang dari taraf signifikan (a) 0,05, maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan antara ي rata-rata nilai sebelum treatment dan sesudah treatment. Hasil dari koefesien determinasi mencapai nilai 58,3% hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media arabic online untuk meningkatkan hasil belajar santri ma’had darul hikmah termasuk kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 03 Apr 2023 06:52
Last Modified: 03 Apr 2023 06:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item