Abrori, Muhammad (2021) مشكالت تعليم النحو ابستخدام كتاب العمريطي للطالب يف الفصل الثالث الثانوي مبعهد منبع احلكم أودن أوو بليتار. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932505517_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932505517_bab1.pdf Download (637kB) |
|
Text
932505517_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
932505517_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
|
Text
932505517_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) |
|
Text
932505517_bab5.pdf Download (941kB) |
|
Text
932505517_daftarpustaka.pdf Download (612kB) |
|
Text
932505517_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
Abstract
ABSTRAK MUHAMMAD ABRORI, Pembimbing Pertama, Dr. Ahmad Rifa’i, M.Pd. Pembimbing Kedua, Nur Hamidah,S.S, M.Hum. Problematika Pembelajaran Nahwu Menggunakan Kitab Al-Imritiy di Kelas 3 MTs Pondok Pesantren Mambaul Hikam Mantenan Udan Awu Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: problematika pembelajaran nahwu, kitab Imrithi Nahwu merupakan hal yang harus dipelajari oleh seseorang yang hendak belajar bahasa Arab, karena tanpa mempelajari nahwu mustahil seseorang akan mahir berbahasa arab. meskipun demikian, banyak problem yang dialami oleh para pelajar dalam belajar nahwu, tidak terkecuali para santri di kelas 3 MTs Pondok Pesantren Mambaul Hikam Mantenan Udan Awu Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problem pembelajaran yang terjadi saat pembelajaran nahwu menggunakan kitab Imrithi di kelas kelas 3 MTs Pondok Pesantren Mambaul Hikam Mantenan Udan Awu Blitar serta menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan sumber data primer para santri kelas 3 MTs Pondok Pesantren Mambaul Hikam Mantenan Udan Awu Blitar, adapun sumber data sekunder yaitu guru kelas 3 MTs Pondok Pesantren Mambaul Hikam Mantenan Udan Awu Blitar dan hal-hal yang dapat menunjang penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa problematika yang dihadapi siswa dalam mengikuti pembelajaran nahwu menggunakan kitab Imtithi yaitu kurangnya perbendaharaan mufrodat siswa, waktu belajar terbatas, kurang motivasi pada diri siswa dan metode belajar yang terlalu sederhana. Beberapa problem tersebut disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti persepsi bahwa nahwu itu sulit dan malas menghafalkan nadzoman imriti. Sedangkan faktor eksternal yaitu metode yang digunakan membosankan, guru terlalu cepat dalam menyampaikan materi dan Ruang antar kelas yang tidak kondusif. Adapun beberapa solusi yang peneliti tawarkan untuk mengatasi problem tersebeut yaitu menambah materi tentang mufrodat, Memberi waktu tambahan, meningkatkan motivasi belajar siswa dan menggunakan metode mengajar yang lebih menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 03:16 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 03:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7915 |
Actions (login required)
View Item |