تعليم المفردات من خلال درس المحفوظات في المدرسة المتوسطة الإسلامية نهضة العلماء حسن محي كديري

Bachtiar, Muhammad Yusuf (2023) تعليم المفردات من خلال درس المحفوظات في المدرسة المتوسطة الإسلامية نهضة العلماء حسن محي كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932507118_prabab.pdf

Download (996kB)
[img] Text
932507118_bab1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932507118_bab2.pdf

Download (462kB)
[img] Text
932507118_bab3.pdf

Download (373kB)
[img] Text
932507118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
932507118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
932507118_bab6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
932507118_daftarpustaka.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932507118_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932507118_suratpernyataan.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh susah dalam memahami dan kurang tertariknya siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Karena hal tersebut, di MTs NU Hasan Muchyi Kediri terdapat mata pelajaran mahfudzot yang masih jarang diajarkan dan ditemukan di madrasah lain. Dan salah satu bentuk inovasi yang digunakan untuk meningkatkan kosakata Bahasa Arab siswa. Tujuan penelitiannya yaitu : Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan hasil pengajaran kosakata melalui pelajaran mahfudzot di MTs NU Hasan Muchyi Pagu Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif ini dengan pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknis analisisnya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses perencanaan pembelajaran mahfudzot di MTs NU Hasan Muchyi Kediri sudah dirancang dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, 2) Proses pembelajaran sudah terlaksana dengan efektif dan efesien. Akan tetapi perlu adanya tambahan SDM (guru) pada proses pembelajaran. 3) Hasil pembelajaran mahfudzot dilihat dari dua aspek sistem pembelajaran dan pencapaian peserta didik. Dari sistem pembelajaran sudah terlaksana dengan efektif dan efisien, terbukti yang selarasnya dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dari pencapaian peserta didik, meningkatnya pemahaman kosakata Bahasa Arab siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal, terbukti dari meningkatnya nilai ujian khususnya dalam pelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Yusuf Bachtiar
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:00
Last Modified: 06 Jun 2023 03:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7744

Actions (login required)

View Item View Item