Strategi Digital Fundraising Dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana Pada Baznas Pusat Ditinjau Dari Manajemen Fundraising

Salisa, Azza Dewi (2022) Strategi Digital Fundraising Dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana Pada Baznas Pusat Ditinjau Dari Manajemen Fundraising. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931410618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931410618_bab1.pdf

Download (480kB)
[img] Text
931410618_bab2.pdf

Download (422kB)
[img] Text
931410618_bab3.pdf

Download (99kB)
[img] Text
931410618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931410618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
931410618_bab6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
931410618_daftarpustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text
931410618_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
Salisa_SP.pdf

Download (225kB)

Abstract

SALISA, AZZA DEWI, 2018. Strategi Digital Fundraising Dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana Pada Baznas Pusat Ditinjau Dari Manajemen Fundraising, Progam Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Andriani, SE, MM dan (2) Arif Zunaidi, SHI, MEI. Kata Kunci: Strategi, Digital Fundraising, BAZNAS Pengaruh strategi fundraising sangat besar dalam eksistensi sebuah lembaga pengelolaan zakat. Melalui kegiatan fundraising, maka lembaga ZIS akan menerima dana dari muzakki. Pertumbuhan dan perkembangan teknologi dan media digital, telah mengubah mekanisme fundraising lembaga nirlaba, kegiatan penghimpunan dana dengan memanfaatkan media-media digital tersebut dikenal dengan istilah digital fundraising. BAZNAS memanfaatkan teknologi untuk penghimpunan zakat, infak, maupun sedekah untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pengumpulan. Penelitian ini ditunjukkan untuk menjelaskan bagaimana strategi fundraising BAZNAS dalam meningkatkan penghimpunan dana berbasis digital ditinjau dalam manajemen fundraising. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan pada Badan Amil Zakal Nasional Pusat. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan obserbasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari website resmi, buku, dan artikel yang berkaitan dengan strategi digital fundraising dalam meningkatkan penghimpunan dana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data menggunakan data collection, data Reduction, dan Verification. Penelitian di atas dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa strategi digital fundraising yang telah diambil dan diterapkan oleh BAZNAS melalui digital yaitu melalui konsep multi-platform, yaitu berkolaborasi dengan lebih dari 100 mitra platform digital yang terdiri dari BAZNAS Platform, Commercial Platform, Non-Commercial Platform, Social Media Platform, Artificial Intelligence Platform, Innovative Platform. Penghimpunan dana dari tahun 2016 – 2021 terus mengalami kenaikan yang signifikan, naiknya penghimpunan dana dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya penggunaan media digital yang semakin tahun meningkat, sehingga BAZNAS memanfaatkan faktor tersebut dengan terus melakukan sosialisasi dan kampanye melalui media digital.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Azza Dewi Salisa
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:32
Last Modified: 03 Feb 2023 06:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7629

Actions (login required)

View Item View Item