Ni’mah, Zulfatun (2014) ﺇستخدام المواد التعليمية لترقية مهارة الكلام لمحمد إحياء علوم الدين في المدرسة الثانوية اﻹسلامية "الحكمة" بوروأسري كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932501010 prabab.pdf Download (511kB) |
|
Text
932501010 bab I.pdf Download (258kB) |
|
Text
932501010 BAB II.pdf Download (430kB) |
|
Text
932501010 bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text
932501010 bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
|
Text
932501010 bab V.pdf Download (163kB) |
|
Text
932501010 DP - lamp.pdf Download (678kB) |
Abstract
Para pendidik Menyadari pentingnya kualitas pendidikan, maka lembaga pendidikan dan seluruh tenaga edukatifnya senantiasa dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan pelayanan pendidikan untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan serta memotivasi siswa dalam belajar sehingga tujuan belajar dapat dicapai secara optimal. Oleh karenanya dibutuhkan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa agar mereka mudah untuk memahami materi pembelajaran sehingga mereka mampu berbicara bahasa arab tanpa malu dengan adanya materi pembelajaran karangan Ihya’ Ulumuddin untuk memecahkan masalah yang dihadapi siswa dikelas XI IPS. Dan materi tersebut bernama Muhadatsah Al-‘arobiyah. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini sebagai berikut: (1) Bagaimana penggunaan materi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara karangan Ihya’ Ulumuddin pada kelas XI IPS di MA Al-Hikmah Purwoasri Kediri? (2) Apakah penggunaan materi pembelajaran karangan Ihya’ Ulumuddin dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada kelas XI IPS di MA Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas dengan jenis kolaborasi) dengan subjek penelitian kelas XI IPS di MA Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan jenis deskriptif dan kuantitatif dengan jenis prosentase untuk mencari nilai prosentasenya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan materi karangan Ihya’ Ulumuddin mampu meningkatkan maharah kalam dan pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini bisa dilihat dari hasil data penelitian pada siklus I siswa yag mendapat nilai bagus berjumlah 23 siswa dan yang kurang bagus nilainya berjumlah 13 siswa. Dan pada siklus II siswa yang mendapat nilai bagus berjumlah 32 siswa dan yang kurag bagus nilainya berjumlah 4 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas 63،88% dan siswa yang belum tuntas 36،11%, pada siklus II siswa yang berhasil 88،88% dan siswa yang belum berhasil 11،11%. Dengan ini dapat dikatakan bahwa dengan penggunaan materi karangan Ihya’ Ulumuddin dapat lebih giat belajar, meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah kalam dan pemahaman siswa dalam mengungkapkan pendapat dan percakapan dengan bahasa arab.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2003 Language Studies > 200314 South-East Asian Languages (excl. Indonesian) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 04:36 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 04:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7604 |
Actions (login required)
View Item |