Hubungan Antara Self Monitoring Dengan Prilaku Konsumtif Dalam Belanja Online Diaplikasi Shopee Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Dan Dakawah IAIN Kediri

Barodi, Hasby Achmad (2022) Hubungan Antara Self Monitoring Dengan Prilaku Konsumtif Dalam Belanja Online Diaplikasi Shopee Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Dan Dakawah IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933414316_ prabab.pdf

Download (759kB)
[img] Text
933414316_bab 1.pdf

Download (659kB)
[img] Text
933414316_bab 2.pdf

Download (458kB)
[img] Text
933414316_bab 3.pdf

Download (313kB)
[img] Text
933414316_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
933414316_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
933414316_bab 6.pdf

Download (14kB)
[img] Text
933414316_daftar pustaka.pdf

Download (252kB)
[img] Text
933414316_suratpernyataan.pdf

Download (301kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang seiring perubahan zaman, mendapati perkembangan yang ada pada belanja online, yang dimana ada beberapa platform dari toko online yang sedang diminati yaitu shopee. Dimana mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri yang mengaku bahwa gemar melakukan belanja online secara berlebihan, membeli barang-barang yang sedang populer dan sering melakukan aktivitas berbelanja barang yang sifatnya kurang penting hanya untuk memenuhi kepuasan. Dengan hal tersebut akan menimbulkan perilaku konsumtif bagi mahasiswa. Para mahasiswa akan membeli sesuatu karena keinginannya untuk menampilkan dirinya guna menyesuaikan dirinya dalam lingkungan sekitarnya. Pada dasarnya para mahasiswa memiliki cara tersendiri untuk menampilkan dan memodifikasi penampilannya pada orang lain atau yang disebut dengan self-monitoring. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif-korelasional dengan jenis penelitian survei. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu self monitoring dan perilaku konsumtif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Kediri prodi Psikologi Islam angakatan 2016 sejumlah 326 mahasiswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri yang menggunakan aplikasi shoppe sejumlah 75 mahasiswa. Teknik sampling menggunakan teknik non - probability sampling. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan kategori Penilaian Skala Likert menggunakan dua instrument penelitian yaitu, skala self monitong dan skala perilaku konsumtif. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linarites dan pengujian hipotesis menggunakan analisa korelasi Pearson Product Momen. Hasil penelitian menunjukan hasil uji hipotesis menggunakan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa terdapat 52 atau 69,4 % mahasiswa yang memiliki self monitoring tinggi, 58,7% atau 44 orang yang memiliki perilaku konsumtif tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa prosentase dari jumlah terbanyak berada pada posisi perilaku konsumtif yang tinggi. Hal ini juga menunjukkan bahwa diperoleh nilai signifikan (2-tailed) antara Self Monitoring (x) dan Perilaku Konsumtif (y) adalah sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variable self monitoring dan perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Hasey Ahmad Barodi
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:03
Last Modified: 19 Jan 2023 07:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7524

Actions (login required)

View Item View Item