تحليل بنود أسئلة التقييم النهائي للفصل الدراسي الفردي (PAS) في درس اللغة العربية للصف التاسع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 2 مدينة كديري للعام الدراسي 2021-2022.

Fauziyah, Nayla (2022) تحليل بنود أسئلة التقييم النهائي للفصل الدراسي الفردي (PAS) في درس اللغة العربية للصف التاسع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 2 مدينة كديري للعام الدراسي 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502718_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502718_Bab1.pdf

Download (854kB)
[img] Text
932502718_Bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502718_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text
932502718_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932502718_Bab5.pdf

Download (605kB)
[img] Text
932502718_DaftarPustaka.pdf

Download (708kB)

Abstract

Nayla Fauziyah, Dosen Pembimbing Dr. Yuyun Zunairoh, M.Pd.dan Eko Budi Hartanto M. Pd.: Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX di MTs N 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2021-2022. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Negeri Kediri.Kata Kunci: Analisis butir soal, pelajaran Bahasa Arab.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh butir soal Penilaian Akhir semester Ganjil pada mata pelajaran Bahasa arab di MTs N 2 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi yakni peneliti hanya mengambil atau menyalin data yang sudah ada yang berkaitan dengan variabel penelitian dalam hal ini adalah soal yang diujikan pada siswa kelas IX MTs N 2 Kota Kediri lembar jawaban peserta ujian pada tahun 2021-2022, dan kunci jawaban soal. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi excel dan Anates versi 4.09.Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Kualitas soal berdasarkan Berdasarkan hasil analisis 30 soal dapat diketahu bahwa terdapat 25 (83%) soal Valid dan 5 (17%) Soal tidak valid. Dalam hal ini soal memiliki kategori Validitas yang tinggi. (2) Kualitas soal berdasarkan Realibilitas Berdasarkan hasil analisis diketahui soal tersebut memiliki reliabilitas (r11) = 0,79 memiliki kategori reliabilitas soal yang tinggi. (3) Kualitas soal berdasarkan Pada Tingkat kesukaran hasil analisis hasil perhitungan terdapat 3 soal atau sebesar 10% yang termasuk dalam soal yang sukar, 10 soal atau sebesar 33% yang termasuk dalam soal mudah dan 17 soal atau sebesar 57% yang termasuk soal yang sedang. Dalam hal ini soal memiliki tingkat kesukaran yang sedang. (4) Berdasarkan Daya Pembeda terdapat 6 soal atau sebesar 20% memiliki daya pembeda jelek, 8 soal atau sebesar 27% memiliki daya pembeda cukup, 15 soal atau sebesar 50% memiliki daya pembeda baik, 1 soal atau sebesar 3% memiliki daya pembeda sangat baik. Melihat 50% daya pembeda Dalam hal ini berarti soal memiliki Daya Beda yang baik. (5) diperoleh Efektifitas bahwa dari 30 soal terdapat 5 (17%) soal memiliki pengecoh yang sangat baik, 13 (43%) soal memiliki efektifitas pengecoh yang baik, 7 (23%) memiliki efektifitas pengecoh buruk, 5 (17%) memiliki efektifitas pengecoh sangat buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nayla Fauziyah
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:30
Last Modified: 13 Jan 2023 02:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7354

Actions (login required)

View Item View Item