M Heri, Irawan (2022) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat (Studi Kasus Di MA Al Manar Tanjungtani Prambon Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932410618_M HERI IRAWAN_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932410618_M HERI IRAWAN_BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
932410618_M HERI IRAWAN_BAB II.pdf Download (426kB) |
|
Text
932410618_M HERI IRAWAN_BAB III.pdf Download (169kB) |
|
Text
932410618_M HERI IRAWAN_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932410618_M HERI IRAWAN_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Text
932410618_M HERI IRAWAN_BAB VI.pdf Download (135kB) |
|
Text
932410618_M HERI IRAWAN_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (137kB) |
|
Text
932410618_M HERI IRAWAN_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932410618_suratpernyataan.pdf Download (377kB) |
Abstract
Pada MA Al Manar Tanjungtani Prambon Nganjuk peneliti menemukan bahwasannya pemasaran yang dilakukan di MA Al Manar Tanjungtani Prambon Nganjuk tergantung pada kondisi lingkungan dan upaya pemenuhan kebutuhan pihak terkait baik secara internal maupun eksternal madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam Menarik Minat Masyarakat, (2) mengetahui strategi pemasaran produk di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam Menarik Minat Masyarakat, (3) mengetahui strategi pemasaran harga di MA Al ManarTanjungtani Prambon dalam Menarik Minat Masyarakat, (4) mengetahui strategi pemasaran lokasi di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam Menarik Minat Masyarakat, (5) mengetahui Strategi Pemasaran Promosi di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam Menarik Minat Masyarakat, (6) mengetahui Strategi Pemasaran Sumber Daya Manusia di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam Menarik Minat Masyarakat, (7) mengetahui Strategi Pemasaran Fasilitas di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam Menarik Minat Masyarakat, (8) mengetahui Strategi Pemasaran Proses di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam Menarik Minat Masyarakat, (9) mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pelaksanaan Strategi Pemasaran. Metode penelitian mengunakan metode kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yang digunakan yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama strategi pemasaran jasa pendidikan di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam menarik minat masyarakat yang meliputi: (1) Strategi pemasaran yang digunakan di MA Al Manar dengan menggunakan strategi visite home dan Visite school. Visite home (kunjungan kerumah) dan Visite school (kunjungan kesekolah). (2) Pembentukan tim pemasaran di MA Al Manar Tanjungtani prambon, yang diketuai oleh waka kesiswaaan dibantu jajarannya. (3) Segmentasi penentuan pasar sasaran jasa pendidikan di MA AlManar Tanjungtani Prambon. Dengan memfokuskan sasaran utama di wilayah kecamatan Prambon, kecamatan Ngronggot, Nganjuk sekitarnya. Kedua strategi pemasaran produk di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam menarik minat masyarakat yang meluputi: (1) Pembiasaan meliputi pembacaan doa-doa pendek setiap pagi hari, istighosah setiap 1 bulan sekali, dan pengajian kitab kuning setiap 1 bulan sekali. (2) Ekstrakurikuler meliputi seni baca alquran, kaligrafi, lughoh arabiyah, pidato, pramuka, PMR, englist club, bola voli, bulutangkis, dan futsal. (3) Jalur plus ketrampilan meliputi multimedia, tata boga, tata busana. Ketigastrategi pemasaran harga di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam menarik minat masyarakat bahwasannya untuk pembiayan di MA Al Manar ini bisa dijangkau di kalangan masyarakat, terutama di wilayah kecamatan Prambon, kecamatan Ngronggot, dan sekitaran Nganjuk. Keempat bagaimana strategi pemasaranlokasi di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam menarik minat masyarakatbahwasannya lokasi di MA Al Manar ini sangat strategis, selain tempatnya dekat dengan keramain juga dekat dengan pusat pembelanjaan atau pasar Prambon, selain itu juga banyaknya pondok-pondok disekitar madrasah yang menjadi nilai plus pemasaran lokasi. Kelima strategi pemasaran promosi di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam menarik minat masyarakat bahwasannya dalam mempromosikan MA Al Manar ini selain dari secara fisik seperti itu sendiribanner, brosur, kalender tahunan dan sebagainya kemudian secara online atau media sosial kita memakai youtube, Fb, website MA Al Manar, konten-konten video, Meme di media sosial, Fb, meme. Yang lainnya dengan cara pengakuan alumni-alumni dan tokoh-tokoh masyarakat. Keenam strategi pemasaran sumber daya manusia di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam menarik minat masyarakat bahwasannya di MA Al Manar mempunyai SDM yang mumpuni di bidang- bidangnya masing-masing. MA Al sendiri mempunyai kreteria-kreteria yang harus di capai seorang guru dan juga budaya pembiasaan untuk para guru. Guru juga berperan dalam pelaksanaan pemasaran melalui cara mengajarnya, para siswa, juga seluruh warga madrasah itu sendiri saling bekerja sama dengan solid, serta menjalin hubungan baik di intern ataupun ekstren dengan alumni, dan tokoh- tokon masyarakat. Ketujuh strategi pemasaran fasilitas di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam menarik minat masyarakat bahwasannya dari segi fasilitas MA Al Manar sendiri meliputi laboratorium multimedia, ruang praktek tata boga, ruang praktek tata busana, laboratorium komputer, aula, free Wifi, LCD Proyektor dan fasilitas lainya seperti aula madrasah, koperasi, dan perpustakaan. Kedelapan strategi pemasaran proses di MA Al Manar Tanjungtani Prambon dalam menarik minat masyarakat bahwasannya diawal tahun membentuk susunan panitia PPDB, disusul dengan penyusunan rancangan media pemasaran, selanjutnya melakukan aksi pada bulan Maret, Bulan April pembuatan konten dan meme-meme, serta melakukan evaluasi di jeda gelombang pendaftaran selanjutnya guna menciptakansistem pemasaran yang efektif dan efisien, sehingga bisa optimal sesuai dengan apa yang ingin diharapkan. Kesembilan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi pemasaran yang meluputi: (1) Faktor pendukung berupa produk, fasilitas, faktor pendukung lainnya ada 2 kreteria, dari dalam yaitu komite madrasah, seluruh fungsialis madrasah itu sendiri, mulai dari kepala madrasah, wakil kepala, dan jajarannya. serta dari faktor luar yaitu masyarakat dan warga sekitarnya. (2) Faktorpenghambat dalam pelaksanaaan strategi pemasaran, faktor dari dalam meliputi kekurangan tenaga bantu yang mana menjadi kurang maksimalnya suatu kegiatan, faktor dari luar meliputi rusakmya media sarana karena faktor alam, barang mudah rusak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | M Heri Irawan |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:35 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 04:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7324 |
Actions (login required)
View Item |