Manasika, Arina (2022) فعالية استخدام الوسيلة ألغاز الكلمات المتقاطعة لترقية تولية المفردات لدى طلاب فصل العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية سوكوهارجو عام دراسي 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932501916_prabab.pdf Download (978kB) |
|
Text
932501916_Bab1.pdf Download (431kB) |
|
Text
932501916_Bab2.pdf Download (520kB) |
|
Text
932501916_Bab3.pdf Download (570kB) |
|
Text
932501916_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
|
Text
932501916_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text
932501916_Bab6.pdf Download (284kB) |
|
Text
932501916_Daftar_Pustaka.pdf Download (255kB) |
|
Text
932501916_suratpernyataan.pdf Download (164kB) |
Abstract
ABSTRAK ARINA MANASIKA. 932501916 Pembimbing Skripsi: Khoirun Nidak, M.Pd dan Moh. Sholeh Afiyuddin, M.Pd.I: "Efektivitas penggunaan media teka-teki silang dalam meningkatkan kemampuan mufrodat siswa kelas X MA Islamiyah Sukoharjo 2021/2022. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Kediri, 2022. Kata Kunci: Media Teka-Teki Silang, Mufrodat, Bahasa Arab Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan media teka-teki silang dalam meningkatkan kemampuan mufrodat siswa kelas X MA Islamiyah Sukoharjo 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan media teka-teki silang (2) Mengetahui efektivitas media teka-teki silang sebagai media pembelajaran Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Design yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pre-Experimental design dengan model design one group pre test-post test, yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja dengan memberikan pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan guna mengetahui hasil perlakuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Penerapan media Teka-teki silang pada pembelajaran siswa kelas X MA Islamiyah Sukoharjo memiliki beberapa tahapan, tahap utama yg dilakukan yaitu guru terlebih dahulu mendemostrasikan media teka teki silang kemudian mempersilahkan siswa untuk mengerjakan. (2) Pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas X di MA Islamiyah memili KKM 75. Dari hasil pre-test yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa 70% siswa mendapatkan nilai dibawah KKM, dengan ratarata sebesar 69,53. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan peserta didik kelas X MA Islamiyah Sukoharjo pada pembelajaran bahasa Arab khususnya mufrodat masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil post-test yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa presentase ketuntasan siswa sebesar 86% diatas nilai KKM, dengan rata-rata sebesar 86,11. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik kelas X MA Islamiyah Sukoharjo pada pembelajaran bahasa Arab khusunya mufrodat mengalami peningkatan sebesar 17%. Dari hasil uji thitung, diketahui bahwa hasil thitung lebih besar dari ttabel, dengan nilai thitung = 7,241, sedangkan ttabel = 2,101. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang efektif dalam meningkatkan kemampuan mufrodat siswa kelas X MA Islamiyah Sukoharjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Arina Manasika |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 06:47 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 06:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7216 |
Actions (login required)
View Item |