تطوير الوسيلة التعليمية السمعية لمهارة الاستماع لدى الطلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية هداية الصالحين توروس كوره كديري

Tashlihah, Ummatut (2022) تطوير الوسيلة التعليمية السمعية لمهارة الاستماع لدى الطلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية هداية الصالحين توروس كوره كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932508418_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932508418_bab1.pdf

Download (700kB)
[img] Text
932508418_bab2.pdf

Download (835kB)
[img] Text
932508418_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text
932508418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932508418_bab5.pdf

Download (574kB)
[img] Text
932508418_daftarpustaka.pdf

Download (674kB)
[img] Text
932508418_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932508418_suratpernyataan.pdf

Download (184kB)

Abstract

ABSTRAK 'Tashlihah, Ummatut. (1) M. Syamsul Ma'arif, MPd, dan (2) Nur Khamidah, MHum. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Maharah Istima dengan Menggunakan Audio untuk Siswa Kelas 8 MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kodii, Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. InstitutAgama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2022 M. Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio, Istima” Maharoh istimas adalah salah satu dari kemahiran dalam pembelajaran bahasa arab. Namun pada dasarnya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan mempelajarinya. Diantaranya adalah siswi-siswi di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri seperti halnya yang telah dikatakan oleh guru bahasa arab di madrasah tersebut ketika wawancara bersama peneliti. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk yaitu audio istima' serta untuk mengetahui efektifitas penggunaan audio tersebut di Kelas 8 MTs Hidayatus Sholihin 'Turus Gurah Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau disebut dengan Research and Development (R&D). Prosedur penelitian mengacu pada prosedur penelitian ADDIE, yaitu dengan 5 langkah pengembangan: Analisis, Desain. Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Peneliti menganalisis kebutuhan dan masalah proses pembelajaran di mdrasah tersebut dengan wawancara. Adapun desain dan pengembangan desain yaitu membuat audio kemudian memvalidasikan kepada ahli materi. Uji coba produk dilaksanakan di kelas MTs Hidayatus Sholihin. Dan evaluasi dilaksanakan ketika ditemukan kekuangan dan kesalahan. Hasil penelitian yaitu mendapat presentase 9076 dan 7476 berdasarkan penilaian ahli materi dan 77,196 dan 88,596 berdasarkan penilaian ahli desain. Adapun hasil uji coba duji dengan menggunakan analisis uji-T yang mengacu pada nilai sig (2ailed) - 0,000, yang mana sig (2ailed) 0,000 « 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio ini efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052703 Naqd al-Adab (Arabic Literary Criticism) - al-Adab al-Muqaran (Comparative Literature Studies)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ummatut Tashlihah
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:33
Last Modified: 20 Dec 2022 02:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7182

Actions (login required)

View Item View Item