Muawanah, Sairatul (2022) Analisi Pemahaman Matematis Siswa yang Mengikuti Program Tahfidz dan Tidak mengikuti Program Tahfidz Kelas VII MTs Al Amien pada Materi Segi Empat dan Segitiga. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932307718_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932307718_bab1.pdf Download (513kB) |
|
Text
932307718_bab2.pdf Download (559kB) |
|
Text
932307718_bab3.pdf Download (610kB) |
|
Text
932307718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932307718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
932307718_bab6.pdf Download (222kB) |
|
Text
932307718_daftarpustaka.pdf Download (339kB) |
|
Text
932307718_suratpernyataan.pdf Download (347kB) |
Abstract
Pemahaman matematis adalah bagian yang terpenting dalam sebuah proses pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran matematika bukan hanya sekedar materi-materi yang hanya dihafal, namun juga tentang kepahaman dari materi matematika yang sudah disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa MTs Al Amien berdasarkan kategori siswa yang mengikuti program tahfidz dan tidak mengikuti program tahfidz pada materi segi empat dan segitiga. Penelitian Ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VII B MTs Al Amien berjenis kelamin perempuan dengan kategori tahfidz dan non tahfidz. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dengan membandingkan hasil tes pemahaman matematis dengan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa yang mengikuti program tahfidz dan tidak mengikuti program tahfidz pemahaman matematis siswa pada kelompok sedang sudah dapat menyelesaikan indikator fungsional, pada kelompok sedang hanya dapat menyelesaikan indikator komputasional dan tidak ada siswa yang masuk pada kelompok tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Sairatul Mu'awanah |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 09:00 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 09:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7044 |
Actions (login required)
View Item |