Implementasi Active Learning Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTs Sunan Drajat Sugio Kabupaten Lamongan)

Izdaharo, Azzahida Devi (2022) Implementasi Active Learning Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTs Sunan Drajat Sugio Kabupaten Lamongan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932132018_PRABAB.pdf

Download (380kB)
[img] Text
932132018_BAB1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932132018_BAB2.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932132018_BAB3.pdf

Download (252kB)
[img] Text
932132018_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
932132018_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
932132018_BAB6.pdf

Download (79kB)
[img] Text
932132018_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932132018_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Azzahida Devi.pdf

Download (35kB)

Abstract

AZZAHIDA DEVI IZDAHARO. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. dan Agus Dwi Santosa, M.Pd. Judul skripsi : Implementasi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTs Sunan Drajat Sugio Kabupaten Lamongan). Kata Kunci : Strategi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar, Akidah Akhlak Strategi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here merupakan strategi pembelajaran aktif yang digunakan untuk meningkatkan keberanian bertanya siswa. Harapan utama Guru Akidah Akhlak kelas VII MTs Sunan Drajat menerapkan strategi tersebut yaitu agar suasana pembelajaran dikelas hidup, pembelajaran tidak hanya fokus kepada guru (Teacher Centered Learning), siswa juga menjadi anak yang berani menyampaikan pendapatnya di kelas, dan nantinya dengan diterapkan strategi tersebut bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Sunan Drajat Sugio Lamongan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui studi lapangan yang meliputi Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik menganalisis data menggunakan model teknik analisis data Milles dan Huberman yaitu Data Collection/Pengumpulan Data, Data Reduction/Reduksi Data, Data Display/Penyajian Data Conclusion Drawing/Verivication. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa : (1) Penerapan Strategi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here digunakan guru Akidah Akhlak sejak Tahun 2019 untuk meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran. (2) Hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak bisa dikatakan baik. (3) Faktor penghambat dari penerapannya yaitu : dari strategi (Internal) yaitu perlu penjelasan materi di awal, dan membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan dari eksternal yaitu Dari Kondisi Kelas (Eksternal), Kurangnya respon dari siswa, adanya beberapa siswa yang sulit diatur seperti ramai sendiri yang mengakibatkan temannya terganggu, kondisi kelas yang tidak kondusif, kurangnya rasa percaya diri dan keberanian siswa, dan rasa malas pada diri siswa. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: Dari Strateginya (Internal) Pertama, Strategi Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here mudah diterapkan karena tidak memerlukan banyak media. Dari Kondisi Kelas (Eksternal) Pertama, Kondisi Kelas yang kondusif. Kedua, Hubungan yang baik antara guru dan siswa. Ketiga, antusias dari Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azzahida Devi Izdaharo
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:50
Last Modified: 10 Nov 2022 03:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6824

Actions (login required)

View Item View Item