Riskiya, Fatqiyatir (2022) فعالية نموذج تعليم اللعبة التعليمية "رسالة سرية" للتحسين قدرة الكتابة الطلاب الصف الثامن المدرسة المتوسطة الاسلامية سونان أمبيل. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932510818_PRABAB.pdf Download (632kB) |
|
Text
932510818_BAB1.pdf Download (446kB) |
|
Text
932510818_BAB2.pdf Download (528kB) |
|
Text
932510818_BAB3.pdf Download (345kB) |
|
Text
932510818_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
932510818_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text
932510818_BAB6.pdf Download (226kB) |
|
Text
932510818_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
Text
932510818_suratpernyataan.pdf Download (306kB) |
Abstract
ABSTRAK ABSTRAK Fatqiyatir Riskiya (932510818). Efektivitas Model Pembelajaran Permainan Pembelajaran “Surat Rahasia” untuk Meningkatkan Kemampuan Kitabah Siswa Kelas VIII MTs Sunan Ampel Ringinrejo,Skripsi,Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag dan Pembimbing (2) Maziyyatul Muslimah, M.Pd.I. Kata Kunci : Model Pembelajaran Permainan Pembelajaran “Surat Rahasia”, Kemampuan Kitabah MTs Sunan Ampel Ringinrejo merupakan salah satu sekolah yang kemampuan siswanya kurang dalam pembelajaran kitabah, kurangnya kemampuan kitabah ini dikarenakan metode pembelajaran bahasa Arab dikelasnya terkesan monoton dan membosankan. Hal tersebut membuat siswa merasa kurang tertarik untuk belajar bahasa arab. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat dalam kegiatan belajar kitabah agar kemampuan siswa dalam menulis dapat meningkat. Dalam penelitian ini, fokus masalah yang diambil oleh peneliti adalah : (1) Bagaimana pembelajaran kitabah kelas kontrol siswa kelas VIII Mts Sunan Ampel. (2)Bagaimana pembelajaran kitabah kelas eksperimen siswa kelas VIII Mts Sunan Ampel. (3)Bagaimana keefektifitasan model game edukatif “surat rahasia” terhadap kemampuan kitabah sisa kelas VIII Mts Sunan Ampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini berasal dari kelas VIII MTs Sunan Ampel, dan adapun sampelnya yaitu kelas VIII B sebanyak 21 siswa dan kelas VIII C sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pre-test dan posttest di kedua kelas. Kemudian data di analisis menggunakan Independent sample ttest. Hasil penelitian di MTs Sunan Ampel Ringinrejo menunjukkan bahwa nilai signikansi sebesar 0,011 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,011 < 0,05), maka hipotesis (Ha) dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Artinya, bahwa variabel penggunaan model permainan pembelajaran “surat rahasia” berpengaruh terhadap kemapuan menulis sebelum menggunakan model permainan pembelajaran “surat rahasia” dengan sesudah menggunakan model permainan pembelajaran “surat rahasia” pada siswa kelas VIII MTs Sunan Ampel Ringinrejo.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fatqiyatir Riskiya |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 07:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 07:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6329 |
Actions (login required)
View Item |