Mu’afah, Devi Cholidatul (2019) طر يقة تعليم القواعد باستخدام الكتاب أمثلي (دراسة وصفية يف ادلعهد ىداية ادلبتدئني سومربوارو كوراه كديري). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932502312_prabab.pdf Download (743kB) |
|
Text
932502312_bab1.pdf Download (376kB) |
|
Text
932502312_Bab 2.pdf Download (661kB) |
|
Text
932502312_Bab 3.pdf Download (367kB) |
|
Text
932502312_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
|
Text
932502312_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
932502312_Bab 6.pdf Download (293kB) |
|
Text
932502312_Daftar Pustaka.pdf Download (392kB) |
|
Text
932502312_suratpernyataan.pdf Download (387kB) |
Abstract
ABSTRAK Devi Cholidatul Mu’afah. Pembimbing Pertama, Dr. Yuyun Zunairah, M. Pd. Pembimbing kedua, Ahmad Sholihudin, M.Pd. Metode Pengajaran Qowaid menggunakan Kitab Amstilati (Studi Deskriptif di Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Sumberwaru Gurah Kediri). Skripsi. Kediri: Jurusan Tarbiyah IAIN Kediri, 2019. Kata Kunci : Pengajaran, Amstilati dan Pesantren Hidayatul Mubtadi’in. Penelitian ini membahas tentang kitab Amstilati dari segi pengajaran Qowaid Arabiyah di Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Sumberwaru Gurah Kediri.. Kajian tersebut bertujuan menjawab pertanyan berikut : (1) Bagaimana metode pembelajaran Qowaid dengan menggunakan Amstilati di Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Sumberwaru Gurah Kediri. (2) Apa saja Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Qowaid dengan menggunakan Amstilati di Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Sumberwaru Gurah Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftiv dengan menggunakan lokasi penelitian di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in Sumberwaru Gurah Kediri. Metode pengumpulan data dengan menggunkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer terkait penelitian ini didapat dari beberapa informan, antara lain; pengajar Amstilati, pengurus. Sedangkan data sekunder atau pendukung di dapatkan dari dukumentasi pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in, serta bebarapa karya ilmiyah yang relevan dengan tema penelitian. Berdasarkan rumusan masalah yang telah di rumuskan dapat disimpulkan; 1) metode pengajaran Qowaid dengan menggunkan kitab Amstilati di pesantren Hidatul Mubtadi’in Sumberwaru Gurah Kediri, merupakan drill dengan pola induktif sebagaimana yang telah ditentukan penulis Asmtilati. 2) faktor pendukung kegiatan pembelajaran Qowaid dengan menggunkan kitab Amstilati di Pesantren Hidaytul Mubtadi’in Sumberwaru Gurah Kediri. Antara lain; a) kegiatan Takror dengan tutor teman sebaya, b) lalaran/ review hafalan secara bersama-sama, c) pengajian kitab kuning, sebagai sarana implementasi analisis kalimat secara langsung. Adapun faktor penghambat antara lain; a) minimnya durasi belajar amstilati dalam satu hari, b) memerlukan hafalan yang cukup banyak untuk diaktan lulus perjenjang, c) suasana ruangan yang kurang proporsioanl menjadikan pembelajaran kurang kondusif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Devi Cholidatul Mu'afah |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 07:07 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 07:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5643 |
Actions (login required)
View Item |