Nisa', Karimatun (2022) تطوير وسيلة التعليم السمعية البصرية على أساس أنيماكر اللغوية لدى الطالب يف الفصل احلادي عشر ابملدرسة الثانوية اإلسالمية شيخ سوبكر عليغوء بليتار. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932503918_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932503918_bab1.pdf Download (781kB) |
|
Text
932503918_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
932503918_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932503918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932503918_bab5.pdf Download (573kB) |
|
Text
932503918_daftarpustaka.pdf Download (713kB) |
|
Text
932503918_suratpernyataan.pdf Download (387kB) |
Abstract
ABSTRAK KARIMATUN NISA’, Dosen Pembimbing M. Syamsul Ma’arif M.Pd.I dan Ahmad Sholeh Afyudiddin M.Pd.I : Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animaker Pada Materi Qawaid Kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar . Tarbiyah, Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022 Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Animaker, Qawaid, ADDIE Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengembangan media audio visual berbasis animaker pada materi qawaid kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar serta untuk mengetahui kefektifan media pembelajaran audiovisual berbasis animaker pada mata materi qawaid kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar . Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yaitu analysis adalah menganalisis permasalahan yang terdapat dilapangan, design merupakan suatu proses kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan, development adalah tahap pengembangan media sesuai storyboard yang telah dibuat serta memastikan kelayakan media kepada para ahli, Implementation merupakan tahap implementasi media yang telah dikembangkan, evaluation merupakan proses yang dilaksanakan untuk melihat keefektifan dari media yang telah dibuat melaui tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 MA Syekh Subakir Nglegok yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan Observasi . hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis animaker telah memenuhi syarat dan dianggap layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran . hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi oleh ahli media yang diperoleh 86 sedangkan hasil validasi dari ahli materi memperoleh 85 dan 77. Hasil penggunaan media audio visual berbasis animaker pada materi qawaid dapat dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran materi qawaid dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa setelah menggunakan media audiovisual berbasis animaker. Hal ini dapat dilihat dari nilai Exact Sig untuk dua sisi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari nilai alpha 0,05. Dengan kata lain hasil belajar siswa berbeda atau meningkat setelah menggunakan media animaker.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology), (struktur bahasa Arab) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Karimatun Nisa' |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 04:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 06:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5218 |
Actions (login required)
View Item |