تأثير استخدام الوسائل التعليمية بطاقة الجدار (wall chart) في ترقية مهارة الكلام لطلاب الفصل السابع (٧) في مدرسة شيخ سوباكير المتوسطة الإسلامية 1 عليكوك بليتار.

Fitriana, VIna Dewi (2022) تأثير استخدام الوسائل التعليمية بطاقة الجدار (wall chart) في ترقية مهارة الكلام لطلاب الفصل السابع (٧) في مدرسة شيخ سوباكير المتوسطة الإسلامية 1 عليكوك بليتار. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932506418_prabab.pdf

Download (940kB)
[img] Text
932506418_abstrak.pdf

Download (604kB)
[img] Text
932506418_bab1.pdf

Download (845kB)
[img] Text
932506418_bab2.pdf

Download (954kB)
[img] Text
932506418_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
932506418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932506418_bab5.pdf

Download (597kB)
[img] Text
932506418_daftarpustaka.pdf

Download (594kB)
[img] Text
932506418_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932506418_lembarpernyataan.pdf

Download (461kB)

Abstract

ABSTRAK Vina Dewi Fitriana (932506418), Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Rifa’i, M.Pd dan Eko Budi Hartanto, M.Pd. : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wall Chart Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siwa Kelas VII DI MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2022. Kata Kunci : Media Pembelajaran Wall Chart, Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pembelajaran keterampilan berbicara (Maharah Kalam) merupakan suatu pembelajaran yang sangat penting, karena berbicara merupakan suatu aplikatif dalam bahasa dan merupakan tujuan awal seseorang belajar suatu bahasa. Kemampuan keterampilan berbicara bahasa arab siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar tergolong kurang, hal ini didasarkan pada pengalaman penulis dilapangan. Kurangnya siswa percaya diri untuk mengungkapkan ide dan siswa hanya terpaku dengan teks percakapan yang ada di Lembar Kerja Siswa (LKS) tanpa menggunakan alat peraga atau media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab siswa yang mengakibatkan standar pembelajaran maharah kalam di Madrasah tersebut belum tercapai sehingga siswa belum bisa berbicara serta bercerita dan bertanya jawab menggunakan bahasa arab dengan baik. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sehingga akan diperoleh hubungan antara variabel bebas (media pembelajaran wall chart) dengan variabel terikat (meningkatkan keterampilan berbicara). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar yaitu sebanyak 25 siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media wall chart untuk meningkatkan maharah kalam siswa dan mengembangkan kosa kata siswa, peneliti menggunakan instrumen penelitian sebagai alat yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data sehingga data yang diperoleh hasilnya lebih baik, lengkap, dan lebih mudah untuk diolah. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah T-Test (Pre-Test dan Post-Test), wawancara dan Observasi Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan media pembelajaran wall chart dalam pembelajaran maharah kalam adalah efektif. 2) hasil T hitung = 8,97 lebih besar dari hasil signifikansi 1% = 2,01 juga lebih besar dari signifikansi 5% = 2,68 menunjukkan bahwa H1 diterima, kesimpulannya bahwa penerapan media pembelajaran wall chart mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Vina Dewi Fitriana
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:58
Last Modified: 29 Aug 2022 07:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item View Item