Maula, Nala Rahmatul (2022) Rancang Bangun Multimedia Interaktif Si Beling Pada Materi Lingkaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932307618_prabab.pdf Download (692kB) |
|
Text
932307618_bab1.pdf Download (174kB) |
|
Text
932307618_bab2.pdf Download (507kB) |
|
Text
932307618_bab3.pdf Download (359kB) |
|
Text
932307618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932307618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
Text
932307618_daftarpustaka.pdf Download (203kB) |
|
Text
932307618_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932307618_suratpernyataan.pdf Download (118kB) |
Abstract
Media merupakan salah satu unsur yang memiliki efek signifikan dalam proses pembelajaran, Namun, jika media yang digunakan beragam dan terpisah-pisah membuat siswa kebingungan memilih media mana yang harus digunakan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika di SMAN 1 Kota Kediri diketahui bahwa pada materi lingkaran siswa merasa kebingungan dalam mempelajari beberapa media yang telah digunakan oleh guru dan materi yang ada di buku, karena secara pengelolaan media-media tersebut masih belum terintegrasi. Pada materi lingkaran ini banyak siswa yang kesulitan menghubungkan rumus dengan gambar yang sesuai atau sebaliknya. Dampaknya ketika mengerjakan soal siswa merasa kesulitan memilih rumus mana yang harus digunakan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan merancang dan membangun multimedia pembelajaran yang bersifat interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan multimedia pembelajaran interaktif pada materi lingkaran. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model APPED, yakni Analisis dan penelitian awal, Perancangan, Produksi, Evaluasi, dan Diseminasi. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket respon siswa, dan soal evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah Multimedia Pembelajaran Interaktif yang diberi nama Si Beling (Solusi Belajar Lingkaran) pada materi lingkaran yang telah melalui uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil uji kevalidan media diperoleh dari validasi ahli materi dan guru matematika dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah 4,39 dan validasi ahli media dengan rata-rata skor yang diperoleh adalah 4,81 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji coba kepada siswa menunjukkan persentase kepraktisan diperoleh sebesar 85,79% pada siswa skala kecil dengan kategori praktis dan 87,68% pada siswa skala besar dengan kategori sangat praktis. Sedangkan keefektifan media diperoleh berdasarkan ketuntasan klasikal siswa yang mendapat nilai di atas KKM dari soal evaluasi sebesar 83,3% dengan kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010105 Group Theory and Generalisations (Teori Grup dan Generalisasi) 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Nala Rahmatul Maula |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 06:23 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 06:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5056 |
Actions (login required)
View Item |