Analisis Budaya Konsumtif Pengunjung Coffee Shop Kota Kediri (Studi Kasus Aktivitas Pengunjung Coffee Shop Di Kota Kediri)

Mufidah, Siti Alfin (2021) Analisis Budaya Konsumtif Pengunjung Coffee Shop Kota Kediri (Studi Kasus Aktivitas Pengunjung Coffee Shop Di Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933707216_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933707216_bab1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
933707216_bab2.pdf

Download (471kB)
[img] Text
933707216_bab3.pdf

Download (311kB)
[img] Text
933707216_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
933707216_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
933707216_bab6.pdf

Download (60kB)
[img] Text
933707216_daftarpustaka.pdf

Download (172kB)

Abstract

SITI ALFIN MUFIDAH, 2021. Analisis Budaya Konsumtif Pengunjung Coffee Shop Kota Kediri (Studi Kasus Aktivitas Pengunjung Coffee Shop Di Kota Kediri), Skripsi, Program Studi Ushuluddin dan Dakwah, Jurusan Sosiologi Agama, IAIN Kediri, Pembimbing (1) Dr. Mohammad Arif, M.A dan (2) Trimurti Ningtyas, M.KP. Kata Kunci: Tanda, Nilai Guna, Hiperrealitas, Budaya Konsumtif, Coffee Shop. Penelitian ini merupakan penelitian yang ingin mengetahui tentang budaya konsumtif yang dilakukan oleh pengunjung di cofffee shop Kota Kediri, mengingat semakin menjamurnya nya usaha coffee shop yang berkembang di Kota Kediri. Peneliti melakukan penelitian di 3 coffee shop berbeda di Kota Kediri, yakni Senjacoffee_id, Okui! dan Kedai Expo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya konsumtif pengunjung di coffee shop di Kota Kediri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori budaya konsumtif dari Jean P. Baudrillard. Dalam teori ini membahas tentang nilai guna, tanda, serta hiperrealitas seseorang ketika melakukan tindakan konsumtif. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi terhadap pengunjung di coffee shop. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa coffee shop saat ini telah mengalami pergeseran makna. Pengunjung datang ke coffee shop tidak hanya untuk menikmati makanan serta minuman yang disediakan, tetapi juga dengan alasan-alasan lain yang mengarah kepada tindakan konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Siti Alfin Mufida
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:06
Last Modified: 17 Jun 2022 07:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item