طريقة فعالية يف ترقية مهارة القراءة لطالب الصف األول مبدرسة دار اذلدى ادلتوسطة بسوكيه واراس بوجونيغارا

N'iam, Atin Isniatun (2018) طريقة فعالية يف ترقية مهارة القراءة لطالب الصف األول مبدرسة دار اذلدى ادلتوسطة بسوكيه واراس بوجونيغارا. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92300216003_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92300216003_bab1.pdf

Download (520kB)
[img] Text
92300216003_bab2.pdf

Download (603kB)
[img] Text
92300216003_bab3.pdf

Download (529kB)
[img] Text
92300216003_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92300216003_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
92300216003_bab6.pdf

Download (491kB)
[img] Text
92300216003_daftarpustaka.pdf

Download (409kB)

Abstract

ABSTRAK NI’AM, ATIN ISNIATUN, Dosen Pembimbing I Dr. H. Asror Yusuf, M.Ag dan Pembimbing II Dr. Jamaludin Achmad Kholik, MA : Efektivitas Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas satu MTs Darul Huda Sugihwaras Bojonegoro Tahun Ajaran 5101-5102. Pendidikan Bahasa Arab, Tarbiyah Pascasarjana, IAIN Kediri. Kata Kunci: Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), Kemampuan Membaca Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang dipandang sulit oleh siswa karena bahasa Arab bukan menjadi bahasa keseharian mereka, apalagi jika dalam proses pembelajarannya guru bahasa tidak menerapkan metode yang berinovasi dan bervariasi. Seringkali, guru lebih dominan menggunkan metode ceramah. Hal ini tentunya membuat siswa cenderung bosan dan kurang tertarik pada pembelajaran bahasa Arab. Berkaitan dengan keadaan tersebut, maka metode yang kreatif dan inovatif perlu diterapkan oleh guru bahasa Arab untuk mempermudah pembelajaran bagi siswa khususnya di tingkat Mts (Madrasah Tsanawiyah). Tujuan penelitian ini adalah: 0. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode kooperatif tipe CIRC pada kemampuan membaca siswa kelas VII Mts Darul Huda Sugihwaras, 5. Untuk mengetahui Efektifitas penerapan metode kooperatif tipe CIRC pada kemampuan membaca siswa kelas VII Mts Darul Huda Sugihwaras. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan peneliti menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini, kelompok eksperimen maupun kelompok control tidak dipilih secara random. Peneliti mengambil pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dengan uji beda menggunakan rumus statistik independen T-Test yang dihitung dengan SPSS dan perhitungan manual. Hasil dari penelitian ini adalah 0. Penerapan metode CIRC efektif dalam menigkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII MTsN Darul Huda Sugihwaras. 5. Peneliti menggunakan perhitungan manul dan perhitungan dengan SPSS, kedua hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung ˃ ttabel. Hasil dari perhitungan tersebut adalah thitung ˃ ttabel untuk tingkat signifikansi 04 yaitu 2019 ˃ 5023 dan untuk tingkat signifikansi 24 bernilai thitung ˃ ttable 2019 ˃ 5013. Hasil perhitungan menggunakan SPSS memperoleh hasil thitung ˃ ttabel 20190 > 5019 untuk tingkat signifikansi 24. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya Efektivitas metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas satu MTs Darul Huda Sugihwaras Bojonegoro

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:59
Last Modified: 13 Jun 2022 01:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4642

Actions (login required)

View Item View Item