Lismawati, Rina (2021) Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi Kasus Di CV. Wecono Asri Dandangan Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931325816_prabab.pdf Download (559kB) |
|
Text
931325816_bab1.pdf Download (172kB) |
|
Text
931325816_bab2.pdf Download (254kB) |
|
Text
931325816_bab3.pdf Download (101kB) |
|
Text
931325816_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
Text
931325816_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
Text
931325816_bab6.pdf Download (132kB) |
|
Text
931325816_daftarpustaka.pdf Download (181kB) |
|
Text
931325816_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK RINA LISMAWATI, Dosen Pembimbing Dr. Andriani, SE, MM. dan Binti Mutafarida, SE, MEI Judul Skripsi “Strategi Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Syariah Marketing (Studi Kasus di CV. Wecono Asri Dandangan Kota Kediri)”. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Produk, Penjualan, Syariah Marketing Pengembangan produk dilakukan guna meningkatkan penjualan perusahaan yang mengalami kenaikan maupun penurunan. Berkaitan dengan hal tersebut pemasaran syariah merupakan salah satu alat untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan penciptaan produk, penawaran, dan penambahan nilai (value) yang sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip dalam bisnis Islam. Pemasaran syariah mempunyai empat karakteristik sebagai seorang pemasar yaitu teistis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah). realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis (insaniyyah). Pemasaran syariah ditujukan untuk mencapai solusi yang adil dan transparan bagi semua pihak yang terlibat serta sebagai upaya memuaskan kebutuhan pelanggan melalui penciptaan produk atau jasa yang halal melalui media iklan yang beretika untuk mewujudkan kesejahteraan material dan spiritual, dunia dan akhirat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan peneliti adalah dengan metode dokumentasi, observasi dan wawancara dengan CV. Wecono Asri Dandangan Kota Kediri. Data primer diperoleh dari hasil wawancara Pemilik CV. Wecono Asri. Data sekunder berasal dari Dokumen yang dimiliki oleh CV. Wecono Asri. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Strategi pengembangan produk CV. Wecono Asri yaitu memperbaiki produk yang sudah ada, memperluas lini produk, menambah produk yang sudah ada. (2) pengembangan produk dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan penjualan yang dialami oleh CV. Wecono Asri mengalami kenaikan pada tahun 2017 sebesar 203.4% produk yang terjual dan hasil penjualnnya 155.4%, kemudian tahun 2018 sebesar 30.1% pada produk yang terjual dan 11.3% pada hasil penjualan, selanjutnya mengalami penurunan pada tahun 2019 sebesar 11.7% pada produk yang terjual dan 16.3% pada hasil penjualan. Hal tersebut dikarenakan tidak ada penjualan dan pemesanan dari lembaga pemerintahan yang biasanya berjumlah banyak. Jika dilihat dari syariah marketing, CV. Wecono Asri telah berupaya menerapkan syariah marketing dengan memproduksi barang yang berkualitas baik dan melakukan pemasaran baik melalui offline maupun online
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 31 May 2022 04:10 |
Last Modified: | 31 May 2022 04:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4540 |
Actions (login required)
View Item |