Maula, Alfina Rahmatul (2017) تأثير كفاءة قراءة القرأن و كتابته على نتيجة مّ تعل اللغة العربية العربية لطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية ۳ موجوروطا كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
sampul_HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (702kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (747kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (747kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (884kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (619kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (542kB) |
|
Text
bimbingan 1_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Pengaruh kemampuan membaca dan menulis Al-Quran terhadap prestasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs N 3 Mojoroto Kediri. -- Bahasa adalah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia sebab dengan bahasa itulah manusia bisa berkomunikasi dan menyampaikan semua gagasan dan isi pikirannya. Baca Tulis Al-Quran adalah sebuah kegiatan membaca Al-Quran dengan tartil artinya jelas, racak dan teratur, sedang menurut istilah ahli Qiroat ialah membaca Al-Qur’an dengan pelan-pelan dan tenang beserta dengan memikirkan arti-arti Al-Qur’an yang sedang dibaca, serta latihan menulis arab yang sesuai dengan kaidah dan harus sesuai dengan ayat al-quran yang ditulis. Penelitian ini dilakukan di MTs N 3 Mojoroto kediri dengan rumusan masalah yaitu 1. Bagaimana kemampuan membaca dan menulis Al-Quran kelas 7 MTs N Mojoroto Kediri 2. Bagaimana pengaruh membaca dan menulis AlQuran terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas 7 MTs N 3 Mojoroto kediri. Sampel dari penelitian ini adalah kelas 7 (7e, 7f, 7c, 7h) berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif teks, menggunakan rumus pearson Product moment dengan software SPSS 21. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang, adapun tes yang dilakukan adalah tes lisan yaitu tes membaca Al-Quran yang sesuai dengan indikator membaca Al-Quran, dan tes tulis yakni tes menulis surat pendek dari AlQuran. Sedangkan metode dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data seperti dokumen-dokumen resmi, catatan-catatan sekolah serta raport. Setelah diuji kedua variabel tersebut menggunakan uji normalitas data diperoleh output data angka sig 0.083 yang besarnya diatas 5% sehingga dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi normal. Dengan demikian rumus korelasi yang digunakan adalah product moment. Hasil analisa dengan rumus product moment masing-masing diperoleh signifikasi 0.938 berdasarkan kedua signifikasi tersebut, jika dibandingkan dengan rtabel 0,254 maka jelas lebih tinggi 0,938>0,204. Jadi kesalahan menolak Ho (tidak ada pengaruh antara kemampuan bahasa arab dengan kemampuan membaca dan menulis Al-Quran) di tolak, dan menerima Ha ( ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca dan menulis Al-Quran terhada prestasi belajar Bahasa Arab). Jadi penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan BTQ dan prestasi belajar Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052703 Naqd al-Adab (Arabic Literary Criticism) - al-Adab al-Muqaran (Comparative Literature Studies) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 02:39 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 02:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/436 |
Actions (login required)
View Item |