مشكلات تعلم اللغة العربية لدى طالب قسم تدريس الرايضيات جبامعة كديري اإلسالمية احلكومية يف السنة الدراسية 0202/0202 م

Rosyidah, Erna Imroatur (2021) مشكلات تعلم اللغة العربية لدى طالب قسم تدريس الرايضيات جبامعة كديري اإلسالمية احلكومية يف السنة الدراسية 0202/0202 م. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932501117_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932501117_bab1.pdf

Download (723kB)
[img] Text
932501117_bab2.pdf

Download (907kB)
[img] Text
932501117_bab3.pdf

Download (985kB)
[img] Text
932501117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text
932501117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
932501117_bab6.pdf

Download (666kB)
[img] Text
932501117_daftarpustaka.pdf

Download (703kB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang telah berkembang di Indonesia dengan sangat pesat, hingga di setiap sekolah Islam pasti ada pembelajaran bahasa Arab. Secara teori, ada dua jenis problematika yang ditemukan dalam pembelajaran bahasa Arab, yaitu problematika kebahasaan (linguistik), mengacu pada masalah yang berorientasi pada kebahasaan seperti stuktur bahasa dan problematika non kebahasaaan (non linguistik) mengacu pada permasalahan yang mempengaruhi dan mengganggu proses pendidikan yang kompleks, seperti masalah motivasi dan kecenderungan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran bahasa Arab, apa saja problematika yang dihadapi, dan apa saja solusi yang digunakan untuk mengurangi problematika tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa Arab, untuk mengetahui apa saja problematika pembelajaran yang dihadapi, serta untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam mengurangi problematika tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan Miles dan Huberman. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, atau yang biasa disebut dengan metode tringulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran bahasa Arab Program Studi Tadris Matematika (TM) IAIN Kediri tahun ajaran 2020/2021 sudah memenuhi unsur-unsur pembelajaran. 2) Problematika pembelajaran bahasa Arab yang ditemui dari segi kebahasaan (linguistik) yakni; a. Lemahnya kemahiran membaca bagi mahasiswa, b. Kurangnya penguasaan mufrodat, c. Kurangnya pemahaman akan tata bahasa dan susunan kalimat dalam bahasa Arab. Sedangkan problematika pembelajaran yang ditemui dari segi non kebahasaan (non-linguistik) yakni; a. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab, b. Perekonomian keluraga, yang membuat pembelajaran menjadi terhambat karena membutuhkan kuota internet yang memadai untuk menunjang pembelajaran, c. Latar belakang pendidikan mahasiswa, yang membuat mahasiswa terkendala dalam belajar bahasa Arab. 3) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab: a. Membiasakan mahasiswa untuk melatih keterampilan membaca, b. Membiasakan mahasiswa menggunakan struktur kalimat bahasa Arab dengan benar, c. Meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar bahasa Arab, d. Memberikan bantuan kuota dari pemerintah untuk pendidikan formal pada sekarang ini, e. Membiasakan mahasiswa dengan menghafal kosakata selama waktu luang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Erna Imroatur Rosyidah
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:47
Last Modified: 22 Apr 2022 01:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item