Rohmah, Fiki Fatkhur (2021) تطوير وسائل تعليم مهارة االستماع على أساس املوقع (website ) الثانوية اإلسالمية احلكومية الواحدة كديري ابملدرسة. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932501616_prabab.pdf Download (796kB) |
|
Text
932501616_bab1.pdf Download (793kB) |
|
Text
932501616_bab2.pdf Download (800kB) |
|
Text
932501616_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932501616_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932501616_bab5.pdf Download (572kB) |
|
Text
932501616_daftarpustaka.pdf Download (518kB) |
|
Text
932501616_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Maharoh istima dapat dikuasai oleh seorang siswa dengan cara berlatih mendengar dan menyimak perkataan berbahasa Arab secara terus menerus. Penggunaan media pada pembelajaran maharoh istima sangat membantu siswa untuk melatih kemampuan istima mereka. Selama ini penggunaan media dalam pembelajaran maharoh istima menggunakan perkataan yang diucapkan oleh guru ataupun audio yang diperdengarkan menggunakan speaker. Media tersebut dinilai kurang efektif dikarenakan setiap murid mempunyai kemampuan mendengar yang berbeda-beda. Pengembangan media pembelajaran maharoh istima akan sangat membantu melatih atau mengash kemampuan maharoh istima siswa secara individu dan fleksibel sehingga siswa dapat memahamu pembelajaran maharoh istima dengan jelas dan dapat berlatih kemampuan istima dimana pun dan kapan pun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan media pembelajaran maharoh istima berbasis website, (2) informasi tentang kelayakan produk media pembelajaran maharoh istima berbasis website di MAN 1 Kota Kediri kelas X. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Assessment/Analysis, Desigm, Development, Implementation, Evaluation.) Penelitian bertempat di MAN 1 Kota Kediri. Instrumen pengumpulan data adalah observasi dan kuesioner. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai oleh tim ahli media dan ahli materi. Analisis data hasil kelayakan dilakukan dengan menggunakan bantuan skala Likert. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi ADDIE. Adapun tahap tersebut yaitu: Analysis, Design, Development. Tahap analysis meliputi analisis kurikulum dan analisis kebutuhan. Tahap design meliputi sasaran instruksional, pemilihan pendekatan secara keseluruhan, perancangan materi pembelajaran secara spesifik dan pembuatan storyboard. Tahap development meliputi pembuatan produk media pembelajaran maharoh istima berbasis website dengan alamat http://belajaristima.com/ dan meliputi validasi bertingkat oleh ahli media dan ahli materi. (2) Media pembelajaran maharoh istima berbasis website di MAN 1 Koa Kediri kelas X IIK layak digunakna sebagai media pembelajaran, dilihat dari hasil validasi ahli media pada tahap pertama memperoleh persentase sebesar 87,69% dan pada tahap kedua sebesar 92,30%, hasil validasi ahli materi pada tahap pertama memperoleh persentase sebesar 96,81% dan pada tahap kedua sebesar 97,27%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 02:14 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 02:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4296 |
Actions (login required)
View Item |