تطبيق الوسائل الملصقية في زيادة إتقان المفردات العربية بالفصل الثامن في المدرسة المتوسطة اإلسالمية الحكومية األولى بكديري من خالل إنستغرام البحث العلمي

Rokhmah, Nilna Khaqiqotar (2021) تطبيق الوسائل الملصقية في زيادة إتقان المفردات العربية بالفصل الثامن في المدرسة المتوسطة اإلسالمية الحكومية األولى بكديري من خالل إنستغرام البحث العلمي. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932500217_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932500217_bab1.pdf

Download (482kB)
[img] Text
932500217_bab2.pdf

Download (623kB)
[img] Text
932500217_bab3.pdf

Download (386kB)
[img] Text
932500217_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text
932500217_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
932500217_bab6.pdf

Download (284kB)
[img] Text
932500217_daftarpustaka.pdf

Download (440kB)
[img] Text
932500217_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media merupakan alat yang digunakan oleh pendidik dalam memberikan pengajaran. Saat pandemi ini pembelajaran dilakukan secara daring sehingga guru harus memilih media yang tepat. Media poster merupakan media yang efektif digunakan dalam meningkatkan penguasaan mufradat, karena berisi gambar beserta kosakata. Instagram yaitu media sosial yang banyak diminati oleh kalangan remaja, digunakan sebagai wadah media poster dibagikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media poster melalui instagram dan mengetahui peningkatan penguasaan mufradat dengan penerapan media poster melalui instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan metode tes dengan menggunakan pre-test dan post-test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas sebagai uji sampel serta uji Paired Sample Test dan uji Gain sebagai uji hipotesis. Adapun kesimpulan yang diambil oleh peneliti: 1) Penerapan media poster mufradat melalui instagram dilakukan dengan mengupload poster sebanyak 4 kali dalam waktu 2 minggu dengan jenis yang berbeda setiap minggunya, 2) Peningkatan penguasaan mufradat siswa dengan menggunakan media poster mufradat melalui instagram lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan media poster mufradat melalui instagram, yaitu rata-rata kelas eksperimen dari 53,25 menjadi 73,50 dan rata-rata kelas kontrol dari 60,40 menjadi 62,00.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:16
Last Modified: 21 Apr 2022 02:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4275

Actions (login required)

View Item View Item