Pengaruh Media stick figure dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VII SMPI Khoirul Iman Kepung

Rahmania, Fitara (2019) Pengaruh Media stick figure dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VII SMPI Khoirul Iman Kepung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
cover.pdf

Download (457kB)
[img] Text
932505615 abs.pdf

Download (665kB)
[img] Text
الباب الأول.pdf

Download (950kB)
[img] Text
الباب الثاني.pdf

Download (790kB)
[img] Text
الباب الثالث.pdf

Download (1MB)
[img] Text
الباب الرابع.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
الباب الخامس.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
الباب السادس.pdf

Download (597kB)
[img] Text
قائمة المراجع.pdf

Download (725kB)

Abstract

Salah satu fungsi bahasa Arab adalah sebagai alat untuk komunikasi, agar dapat berkomunikasi dengan baik, maka diperlukan penguasaan kosakata bahasa Arab. Dalam mengembangkan kosakata bahasa Arab ada berbagai media pembelajaran yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu media pembelajaran stick figure. Dalam pembelajaran bahasa Arab SMPI Khoirul Iman Kepung merupakan salah satu sekolah yang siswanya kurang dalam menguasai kosakata, kurangnya dalam penguasaan kosakata ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor instrinsik dan faktor ekstrintik. Untuk itu diperlukan media yang tepat dalam rangka pembelajaran kosakata bahasa Arab agar kebutuhan dan perbendaharaan kosakata dapat terpenuhi. Dalam penelitian ini, fokus masalah yang diambil oleh peneliti adalah: (1) Bagaimana penggunaan media stick figure dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VII SMPI Khoirul Iman Kepung, (2) Bagaimana pengaruh media stick figure dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas VII SMPI Khoirul Iman Kepung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini berasal dari kelas VII di SMPI Khoirul Iman Kepung, dan adapun sampelnya yaitu kelas VII dengan jumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pre-test dan postest. Kemudian data di analisis menggunakan Paired sample t-test. Hasil penelitian di SMPI Khoirul Iman Kepung menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0،000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis (Ha) dalam penelitian ini dinyatakan di terima. Artinya, bahwa variable penggunaan media stick figure berpengaruh terhadap penguasaan mufrodat siswa, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab sebelum menggunakan media stick figure dengan sesudah menggunakan media stick figure pada siswa kelas VII SMPI Khoirul Iman Kepung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:18
Last Modified: 11 Mar 2022 02:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3783

Actions (login required)

View Item View Item