Perilaku konsumen dalam pembelian pakaian bekas ditinjau dari perilaku konsumen islami: studi kasus konsumen toko online Cozycozin Thrift's @cozycozin Kota Kediri

Putri, Dety Junita Christiana (2021) Perilaku konsumen dalam pembelian pakaian bekas ditinjau dari perilaku konsumen islami: studi kasus konsumen toko online Cozycozin Thrift's @cozycozin Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
931337714_prabab.pdf

Download (329kB)
[img] Text
931337714_bab1.pdf

Download (332kB)
[img] Text
931337714_bab2.pdf

Download (220kB)
[img] Text
931337714_bab3.pdf

Download (151kB)
[img] Text
931337714_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
931337714_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
931337714_bab6.pdf

Download (156kB)
[img] Text
931337714_daftarpustaka.pdf

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan dalam pertumbuhan perdagangan pakaian bekas. Pakaian bekas kini dijadikan sebagai suatu altenatif baru untuk memenuhi kebutuhan seseorang dalam berpakaian. Alasan peneliti memilih melakukan penelitian di Toko Online Cozycozin Thrift’s ini karena dilihat dari jumlah followers pada toko ini merupakan toko yang banyak diminati. Dan keragaman pakaian yang dijual juga bermacam-macam dibandingkan toko-toko lain yang juga menjual pakaian bekas. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui perilaku konsumen Toko Online Cozycozin Thrift’s dan perilaku konsumen dalam pembelian pakaian bekas yang ditinjau dari perilaku konsumen Islami.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan merupakan data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan konsumen Toko Online Cozycozin Thrift’s. Analisis yang dilakukan dengan cara reduksi data, pemaparan data dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku konsumen yang ditunjukan oleh sebagian konsumen pada Toko Online Cozycozin Thrift’s, mereka memilih membeli pakaian bekas sebagai alternatif mereka dalam memenuhi kebutuhan berpakaian. Karena harga pakaian bekas cenderung lebih murah dibandingkan dengan pakaian baru yang memiliki model yang hampir sama. 2) Dari perilaku konsumsi yang ditunjukkan oleh beberapa informan sebagai konsumen Toko Online Cozycozin Thrift’s, yaitu sebagian dari mereka memilih membelanjakan harta mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam berpakaian untuk keperluan kuliah dan bekerja. Dan sebagian lagi, memilih membeli pakaian bekas untuk memenuhi keinginan mereka dan demi mengikuti tren yang ada. Terdapat ketidaksesuaian dengan apa yang telah dijelaskan dalam perilaku konsumen Islami. Yaitu membelanjakan harta dan menghindari sifat kikir, tidak mubazir dan kesederhanaan. Dalam mengkonsumsi suatu hal, konsumen harus tetap dapat mengontrol diri dalam membelanjakan harta yang dimiliki agar terhindar dari sifat mubazir. Karena sifat mubazir dan boros merupakan sifat yang dilarang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Dety Junita christiana Putri
Date Deposited: 09 Apr 2025 06:18
Last Modified: 09 Apr 2025 06:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3514

Actions (login required)

View Item View Item