تطبيق منهج تعليم مهارة الكلام الثالثة "الجدال والمناظرة" لطلبة مرحلة الرابعة أزمنة الوباء بكوفيد-19 في قسم تعليم اللغة العربية جامعة كديري الإسلامية الحكومية 2020 (دراسة تقويمية)

Ni’maturrohmah, Alfin (2020) تطبيق منهج تعليم مهارة الكلام الثالثة "الجدال والمناظرة" لطلبة مرحلة الرابعة أزمنة الوباء بكوفيد-19 في قسم تعليم اللغة العربية جامعة كديري الإسلامية الحكومية 2020 (دراسة تقويمية). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505716 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932505716 BAB I.pdf

Download (945kB)
[img] Text
932505716 BAB II.pdf

Download (881kB)
[img] Text
932505716 BAB III.pdf

Download (553kB)
[img] Text
932505716 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
932505716 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
932505716 BAB VI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
932505716 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)
[img] Text
932505716 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum Maharoh Kalam 3 “Al Jidal wal Munadzoroh” Pada Mahasiswa Semester 4 Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Prodi PBA IAIN Kediri 2020 (Penelitian Evaluatif) : Salah satu kompetensi dasar dalam pembelajaran bahasa Arab adalah keterampilan bahasa. Salah satu keterampilan bahasa yang memiliki peran penting adalah keterampilan berbicara (maharoh kalam). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum maharoh kalam prodi PBA IAIN Kediri yang akan difokuskan pada pembelajaran maharoh kalam 3 semester 4 dengan tema “jidal wal munadzorot” dan permasalahan dalam implementasinya sebelum dan pada masa pandemi Covid-19. Pembelajaran maharoh kalam 3 merupakan kelanjutan dari maharoh kalam 1 dan 2. Sehingga, pada pembelajaran maharoh kalam 3, diasumsikan mahasiswa sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk mengembangkan dialog pada tingkat yang lebih tinggi yaitu adu argumentasi dan debat. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif yang menggunakan model evaluasi CIPP (contexts, input, process, product) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran maharoh kalam cukup efektif. Dosen maharoh kalam telah memenuhi standar yang telah ditetapkan dalam SNDIKTI pasal 12 ayat 1 dan pasal 12 ayat 3 tentang perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Pasal 27 ayat 8 tentang standar pendidikan minimal dosen dan pasal 13 tentang proses pembelajaran. Dalam evaluasi Context, dosen maharoh kalam telah memenuhi standar perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Tahap evaluasi Input, dosen telah memenuhi standar pendidikan dosen untuk Perguruan Tinggi tingkat sarjana minimal lulusan magister. Adapun minat mahasiswa dalam pembelajaran maharoh kalam termasuk kategori baik. Tahap evaluasi Process, pemilihan metode sudah sesuai dengan materi yang digunakan dalam pembelajaran. Tahap evaluasi Product, menujukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa meskipun masih sedikit baik dari sisi mufrodat atau qowaid. Adapun permasalahan implementasi kurikulum maharoh kalam untuk tahap Context yaitu kurangnya persiapan mahasiswa seperti belajar kelompok dalam pembelajaran di kelas, sedangkan pada pembelajaran online dengan aplikasi google meet, kuota dan jaringan menjadi masalah utama dalam tahap persiapan pembelajaran maharoh kalam. Masalah Input, yaitu latar belakang pendidikan mahasiswa yang bermacam-macam, beberapa dari mereka ada yang kurang berminat pada pembelajaran maharoh kalam, lemahnya penguasaan mufrodat dan qowaid. Process, tidak semua mahasiswa aktif menyampaikan pendapat dalam pembelajaran, sedangkan pada pembelajaran online di google meet, kuota dan jaringan juga menjadi masalah dalam berlangsungnya pembelajaran secara online. Product, dari faktor latar belakang, minat, dan penguasaan mufrodat dan qowaid menjadikan masih lemahnya kemampuan maharoh kalam mahasiswa atau pembelajaran menjadi tidak optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:34
Last Modified: 25 Nov 2021 03:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2844

Actions (login required)

View Item View Item