Nafi'ah, Umi (2020) Pengaruh variasi mengajar guru dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTS Nurul Islam Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932130515 PRA BAB.pdf Download (490kB) |
|
Text
932130515 BAB 1.pdf Download (169kB) |
|
Text
932130515 BAB 2.pdf Download (194kB) |
|
Text
932130515 BAB 3.pdf Download (315kB) |
|
Text
932130515 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text
932130515 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
932130515 BAB 6.pdf Download (153kB) |
|
Text
932130515 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
Abstract
Gaya belajar merupakan bentuk dan cara belajar siswa yang paling disukai yang akan berbeda antara yang satu dengan yang lain. Penggunaan Variasi pembelajaran ini guna untuk keanekaan yang membuat sesuatu agar tidak monoton. Variasi dapat berwujud perubahan-perubahan atau perbedaan-perbedaan yang sengaja diciptakan untuk memberi kesan yang unik dan menarik perhatian siswa pada pembelajaran. Dengan demikian kita sudah mengetahui betapa pentingnya pendidikan, terutama pendidikan agama salah satunya bidang studi Fiqih. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam skripsi iniyaitu: 1) Bagaimana variasi mengajar guru mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 2) Bagaimana gaya belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 3) Bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 4) Bagaimana pengaruh variasi mengajar guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 5) Bagaimana pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? 6) Bagaimana pengaruh variasi mengajar guru dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri? Penelitian ini untuk mencari pengaruh mengenai variasi mengajar dan gaya terhadap hasil. Sampel penelitian ini sebanyak 84 siswa. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Analisis data statistik menggunakan rumus Regresi Sederhana. Hasil dari penelitian ini, yaitu: (1) variasi mengajar guru di MTs Nurul Islam Kota Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian mean (rata-rata) sebesar 131.11 yang berpedoman pada true score. (2) gaya belajar siswa di MTs Nurul Islam Kota Kediri tergolong sedang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian mean (rata-rata) sebesar 128.29 yang berpedoman pada true score.(3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri tergolong sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian mean (rata-rata) sebesar 83.36 yang berpedoman pada true score.(4) terdapat pengaruh variasi mengajar guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan uji signifikan dengan hasil sebesar 0,036 dan hasil tersebut lebih rendah daripada 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.Ha: terdapat pengaruh yang signifikan antara variasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Ho: tidak ix terdapat pengaruh yang signifikan antara antara variasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. (5) tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan uji signifikan dengan hasil sebesar 0,066 dan hasil tersebut jauh lebih tinggi daripada 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha ditolak dan Ho diterima.Ha: tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Ho: terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Islam Kota Kediri. (6) Hasil dari penelitian ini terkait pengaruh variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa menemukan Angka R didapat 0.298 menunjukkan bahwa variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa berhubungan dan memiliki tingkat korelasi yang lemah. Persentase sumbangan pengaruh variabel variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 8.9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian model regresi ini.Karena Fhitung> Ftabel(3.951 > 3.110) dan nilai signifikansi < 0.05 (0.023 < 0.05) maka Ho ditolak atau dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variasi mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
Depositing User: | User Repo |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 04:39 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 04:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2410 |
Actions (login required)
View Item |