تطوير تقييم درس الإملاء باستخدام منصة " قويزاليز " في المعهد الإسلامي السّلفي "دار الحكم المكّي" بندا فاري كديري

Aziz, Moh.Mahaizaz Syifa Alwi (2025) تطوير تقييم درس الإملاء باستخدام منصة " قويزاليز " في المعهد الإسلامي السّلفي "دار الحكم المكّي" بندا فاري كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21203091_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21203091_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203091_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203091_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
21203091_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
21203091_bab5.pdf

Download (788kB)
[img] Text
21203091_daftarpustaka.pdf

Download (837kB)
[img] Text
21203091_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Moh.Mahaizaz Syifa Alwi Aziz, Dosen Pembimbing 1. Dr. H. Ahmad Rifa’I, M.Pd., 2. Putri Kholida Faiqoh, M.Pd.I., Pengembangan Evaluasi Pelajaran Imla’ Menggunakan Platform Quizalize di Pondok Pesantren Darul Hikam Al-Makky Bendo Pare Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri.(2025) Kata Kunci : Imla’, Platform Quizalize, Maharah Kitabah. Pembelajaran Bahasa Arab bagi para santri Pondok Pesantren merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari, hal ini dikarenakan semua keilmuan yang dipelajari di pondok pesantren tidak terlepas dari Bahasa Arab. Sehingga, salah satu pelajaran yang terdapat pada Pondok Pesantren Darul Hikam Al-Makky Bendo Pare Kediri adalah pelajaran Imla’. Namun dalam prosesnya, masih terdapat banyak kekurangan maupun kendala dalam pembelajaran imla’ tersebut antara lain, kurangnya minat para santri dalam mengikuti pembelajaran Imla’, serta pembelajaran yang bersifat monoton, yang kemudian menyebabkan mereka kurang bersemangat dan merasa bosan saat pembelajaran Imla’ berlangsung, yang pada akhirnya menjadikan pembelajaran Imla’ kurang memenuhi harapan dari para pengajar di pondok pesantren tersebut. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut, dan dengan memperhatikan kondisi di dalam pondok pesantren, peneliti mencoba mengkolaborasikan pembelajaran Imla’ dengan salah satu platform pembelajaran yaitu Quizalize. Platform ini merupakan alat digital untuk penilaian formatif serta aplikasi berbasis gamifikasi yang dirancang untuk membantu guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Sehingga, peneliti berasumsi untuk mengembangkan pembelajaran Imla’ (Imla’ Istima’i) tersebut melalui latihan Imla’ yang mana soal-soal berupa rekaman, dan para santri akan menuliskannya pada platform tersebut. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) Desain Pengembangan Evaluasi Pelajaran Imla’ Menggunakan Platform Quizalize di Pondok Pesantren Darul Hikam Al-Makky Bendo Pare Kediri, serta (2) Efektifitas Penggunaan Platform Quizalize pada Pembelajaran Imla’ di Pondok Pesantren Darul Hikam Al-Makky Bendo Pare Kediri.Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan ( RnD ), dengan model pengembangan ADDIE.Hasil persentase validasi ahli media terkait dengan kelayakan produk yang dikembangkan sebesar 73,3 %, sehingga dapat dikategorikan " Layak ". Sedangkan hasil persentase validasi ahli materi terhadap produk yang dikembangkan sebesar 88,9 %, sehingga dapat dikategorikan “ Sangat Layak ”. Sementara untuk efektifitas penggunaan produk yang dikembangkan, dengan berdasarkan hasil uji N-Gain terhadap hasil pre-test & post-test kelompok kecil dan kelompok besar, yang mana masing-masing mendapat nilai 0,68 dan 0,64, yang berarti keduanya termasuk dalam kategori “ Sedang ” dengan skor N-Gain lebih dari 0,3 dan kurang dari 0,7. Sehingga, penggunaan produk yang dikembangkan dianggap “ Cukup Efektif ” pada pembelajaran Imla’ bagi santri Pondok Pesantren Darul Hikam Al-Makky Bendo Pare Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: MOH. MAHAIZAZ SYIFA ALWI AZIZ
Date Deposited: 28 Nov 2025 03:09
Last Modified: 28 Nov 2025 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item