Perbandingan Efektivitas Media Interaktif Berbasis Genially Dengan Media Uno Stacko Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matriks

Rahmawati, Elza Duwika (2025) Perbandingan Efektivitas Media Interaktif Berbasis Genially Dengan Media Uno Stacko Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matriks. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204081_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21204081_bab1.pdf

Download (649kB)
[img] Text
21204081_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21204081_bab3.pdf

Download (764kB)
[img] Text
21204081_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
21204081_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
21204081_bab6.pdf

Download (577kB)
[img] Text
21204081_daftarpustaka.pdf

Download (512kB)
[img] Text
21204081_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
21204081_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (197kB)

Abstract

ELZA DUWIKA RAHMAWATI, Dosen Pembimbing Ahmad Syamsudin, M.Kom, dan Dr. Noer Hidayah, M.Si., Perbandingan Efektivitas Media Interaktif Berbasis Genially Dengan Media Uno Stacko Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matriks, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, 2025. Kata Kunci: Media Genially, Media Uno Stacko, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI MA Ma’arif Udanawu Blitar pada materi matriks yang menggunakan media genially dengan media uno stacko, dan untuk mengetahui perbandingan efektivitas penggunaan media genially dan media uno stacko pada materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas XI di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan Multistage cluster sampling. Untuk tahap pertama dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, kemudian tahap kedua menggunakan simple random sampling. Sehingga diperoleh 2 kelas sebagai subjek penelitian yaitu siswa kelas XI-N sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa, dan siswa kelas XI-O sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Kelas kontrol adalah kelas yang diberikan perlakuan berupa pemberian media uno stacko dan kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan media genially. Instrumen penelitian yang digunakan adalah modul ajar, media uno stacko dan genially, soal pretest, soal posttest dan angket respon hasil belajar siswa terhadap media yang digunakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran uno stacko dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran berupa genially pada materi matriks kelas XI di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Hal itu dibuktikan dengan hasil dari uji-T diperoleh dengan nilai sig. sebesar 0.042 < 0.05. 2) Hasil belajar baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa kelas kontrol mengalami kenaikan sebesar 25,3333 dan kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 27,3. 3) Media genially lebih efektif digunakan daripada media uno stacko. Diperoleh rata-rata skor N-Gain pada kelas kontrol yaitu 0.6027, tergolong kedalam kategori “Sedang”. Sedangkan rata-rata skor N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0.7419, tergolong kedalam kategori “Tinggi”.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ELZA DUWIKA RAHMAWATI
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:27
Last Modified: 10 Nov 2025 08:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19539

Actions (login required)

View Item View Item