تطبيق الطريقة "أمثلتي" الستيعاب فهم القواعد النحوية (الدراسة التحليلية الوصفية بالمعهد اإلسالمي الحكمة بور وأسري و المعهد اإلسالمي إصالح الفرقان عاديلويه كديري

Baidowi, Khapit (2024) تطبيق الطريقة "أمثلتي" الستيعاب فهم القواعد النحوية (الدراسة التحليلية الوصفية بالمعهد اإلسالمي الحكمة بور وأسري و المعهد اإلسالمي إصالح الفرقان عاديلويه كديري. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21503007_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21503007_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21503007_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21503007_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
21503007_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21503007_bab5.pdf

Download (560kB)
[img] Text
21503007_daftarpustaka.pdf

Download (607kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf

Download (286kB)

Abstract

ABSTRAK Khapit Baidowi, 1) Dr. Nurul Hanani, M.Pd.I, 2) Dr. Anang Firdaus, M.Pd.I. Penerapan Metode Amtsilati untuk Meningkatkan Kefahaman Kaidah-Kaidah Nahwu (Studi Deskriptif Analitis di Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri dan Pondok Pesantren Islahul Furqon Ngadiluwih Kediri). Tesis, Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana IAIN Kediri. 2024. Kata Kunci: Metode Amtsilati, Meningkatkan Kefahaman, Kaidah-Kaidah Nahwu. Berdasarkan fakta data yang diperoleh peneliti mengenai penerapan metode amtsilati untuk meningkatkan kefahaman kaidah-kaidah nahwu di Pondok Pesantren AlHikmah Purwoasri dan Pondok Pesantren Islahul Furqon Ngadiluwih Kediri menunjukan hasil yang cukup memuaskan, dibuktikan dengan fakta yang ada dilapangan atas terlaksananya program kitab Amtsilati di Pondok Pesantren tersebut. Namun disisi lain peneliti menemukan hasil yang belum maksimal dalam penerapan metode amtsilati seperti di Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan metode pengamatan alami, yaitu dengan melakukan observasi menyeluruh pada sebuah tempat tertentu tanpa sedikitpun mengubahnya, maka perlu dilakukan pengumpulan data melalui beberapa metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui lebih dalam 1) Sejauh mana penerapan metode amtsilati untuk memahami aturan kaidah-kaidah nahwu, 2) Kendala penerapan metode amtsilati untuk memahami aturan kaidah-kaidah nahwu, 3) Faktor keberhasilan dari penerapan metode amtsilati untuk memahami aturan kaidah-kaidah nahwu. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode Amtsilati di Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri kurang efektif karena berdasarkan hasil observasi peneliti banyak siswa yang kesulitan membedakan kalimat nomina dan verba. Sedangkan program di Pondok Pesantren Islahul Furqan Ngadiluwih didasarkan pada metode “Athmalati” menggunakan Surugan khusus metode “Athmalati”, kemudian memperkenalkan bacaan kitab kuning agar siswa yang tidak dapat menguasai kaidah tata bahasa menjadi mahir dalam membaca. 2) Permasalahan utama di Pondok Pesantren AlHikmah Purwoasri adalah kesulitan bagi siswa karena banyak siswa yang belum mengetahui tanda-tanda kata benda dan kata kerja, sehingga untuk mencapai tahap lanjutan pemahaman kaidah tata bahasa dalam kitab kuning memerlukan waktu yang lama. Sedangkan permasalahan utama Pondok Pesantren Islahul Furqan Ngadiluwih Kediri ada pada kepentingan santri, yang dapat diselesaikan dengan memberikan bimbingan kepada santri tentang pentingnya metode Amtsilati. 3) Penerapan metode Amtsilati di Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri kurang efektif sehingga hanya sedikit siswa yang menguasainya, hal ini dikarenakan metode Amtsilati tidak memberikan tekanan pada siswa sehingga tidak dapat membaca kitab kuning dengan benar. Sedangkan Pondok Pesantren Islahul Furqan Ngadiluwih penerapan metode Amtsilati sangat baik dan hasilnya sangat memuaskan, karena mempelajari metode Amtsilati lebih fokus terlebih dahulu sebelum mempelajari kitab-kitab yang lain sebelum menghafal Al-Qur'an ada surugan yang dapat menunjang siswa yang mahir membaca kitab kuning.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology), (struktur bahasa Arab)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 02 Oct 2025 01:49
Last Modified: 02 Oct 2025 01:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19243

Actions (login required)

View Item View Item