Ismawati, Ninin (2023) فعالية لعبة اللغة ابملدخل التقين ىف تنمية مهارة الكتابة للتالميذ ىف املدرسة املتوسطة اإلسالمية احلكومية 8 كديري. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
92301020007_prabab.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
92301020007_bab1.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
92301020007_bab2.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
92301020007_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
![]() |
Text
92301020007_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
92301020007_bab5.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
92301020007_daftarpustaka.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
92301020007_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ismawati. Ninin, 2022. Efektivitas Permainan Bahasa dengan Pendekatan Berbasis Media dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kediri. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Kediri. Pembimbing: 1. Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag, 2. Dr. Yuyun Zunairoh, M.Pd. Kata Kunci: Permainan Bahasa, Berbasis Media, Kemampuan Menulis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk kemampuan menulis melalui media permainan bahasa dengan pendekatan berbasis media pada siswa kelas VIII B di MTsN 8 Kediri. Rumusan masalah yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan permainan bahasa berbasis media pada MTsN 8 Kediri?, dan 2) Sejauh mana efektifitas permainan bahasa dengan pendekatan berbasis media dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa di MTsN 8 Kediri?. Sementara itu, tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui penerapan permainan bahasa dengan pendekatan berbasis media, dan 2) untuk mengetahui keefektifannya dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa di MTsN 8 Kediri. Peneliti menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Sumber data adalah guru dan siswa itu sendiri. Alat pengumpulan data adalah tes,angket, wawancara dan observasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan permainan bahasa dengan pendekatan berbasis media memiliki dampak besar terhadap keefektifan proses pembelajaran pada siswa kelas VIII B di MTsN 8 Kediri. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai siswa dari predikat “Cukup” pada putaran pertama menjadi “Baik” pada putaran kedua, dan memuncak pada putaran ketiga. Dengan kata lain, 11 siswa atau 30,5% dari jumlah siswa mendapat predikat "Baik" di putaran pertama. Kemudian meningkat menjadi 17 siswa atau 47,2% di putaran kedua, dan memuncak menjadi 15 siswa atau 41,6% di putaran ketiga. Di sisi lain, 16 siswa atau 44,4% dari seluruh siswa mendapat nilai “sangat baik”. (2) Ada korelasi yang kuat antara langkah penyajian materi menggunakan permainan bahasa dengan pendekatan berbasis media dan keefektifan hasil keterampilan menulis. Sebab, media permainan tersebut menumbuhkan keinginan siswa kelas VIII B di MTsN 8 Kediri dan menarik perhatian serta semangat mereka terhadap pelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi bahwa siswa mengikuti proses belajar mengajar dengan penuh semangat, minat, dan aktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Maharat al-Kitabah (Writing Skill) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 06:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |