Sakinah, Ikrimatus (2025) فعالية وسيلة ليكتورا انسباير في تعليم مهارة القراءة لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية التّاسع كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21203101_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21203101_bab1.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
21203101_Bab 2.pdf Download (991kB) |
![]() |
Text
21203101_Bab3.pdf Download (644kB) |
![]() |
Text
21203101_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21203101_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21203101_Bab 6.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
21203101_Daftar pustaka.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
21203101_ikrima.pdf Download (219kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman berbasis teknologi, penting bagi pendidik untuk menciptakan variasi dalam media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satu contoh media pembelajaran yakni Lectora Inspire. Media Lectora Inspire merupakan multimedia interaktif yang dapat membuat materi pembelajaran yang menarik dan inovatif. Dengannya materi dapat disajikan dalam berbagai bentuk visual yang menarik seperti menambahkan animasi dan video singkat, dapat digunakan sesuai kebutuhan, sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi-materi yang disampaikan. Oleh sebab itu media Lectora Inspire sangat cocok untuk digunakan pada pembelajaran bahasa Arab. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana proses Efektivitas Media Lectora Inspire dalam pembelajaran maharatul qira'ah pada siswa kelas VIII di MTsN 9 Kediri. (2) untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan Efektivitas Media Lectora Inspire dalam pembelajaran maharatul qira'ah pada siswa kelas VIII di MTSN 9 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah angket, wawanera dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji statistik dekskriptif dengan bantuan SPSS for windows 2023 dan uji hipotesis dengan regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini didasarkan pada hasil uji hipotesis dan analisis data. efektivitas media Lectora Inspire terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran Maharatul Qira'ah pada materi teks bacaan المهنة )profesi). Hal ini terlihat dari perbedaan skor pretest dan posttest pada kelas eksperimen yang mengalami peningkatan, serta nilai signifikansi sebesar 0.003 yang Berdasarkan dasar pengambilan keputusan 0,003 < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima. Dan Media ini tidak hanya mendukung peningkatan hasil belajar secara signifikan, tetapi juga mampu meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Dan kelebihan dan kekurangan media lectora dalam pembelajaran maharoh qiroah yaitu pertama, Dari segi desain media ini memiliki tampilan visual yang menarik, praktis, interaktif, mudah digunakan serta apk ini bisa secara offline dibuka di laptop atau hp. Dari segi pembelajaran media Lectora Inspire ini mudah. diaplikasikan untuk guru sebagai alat bantu menyampaikan materi pembelajaran, mengatasi anak pasif, sumber alternative media teknologi dalam belajar mandiri atau berkelompok. Kedua, kekurangan yaitu membutukan keterampilan, membutuhkan alat, hanya dpat menyajikan satu tema dan miltimedianya tidak bisa full srin (layer penuh dan juga font yang tidak bisa di castum.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0406 Physical Geography and Environmental Geoscience > 040606 Quaternary Environments 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | IKRIMATUS SAKINAH |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 06:15 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 06:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |