Khumairoh, Sirina Ulinuha (2025) Pengembangan bahan ajar berbasis buku dongeng pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan literasi membaca kelas 3 SDN Kaliombo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAUN Kediri.
![]() |
Text
21206037_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21206037_bab1.pdf Download (538kB) |
![]() |
Text
21206037_bab2.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text
21206037_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
![]() |
Text
21206037_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
21206037_bab5.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
21206037_daftarpustaka.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
21206037_lampiran.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
21206037_penyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
Abstract
Berdasarkan laporan PISA, kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah, yang tercermin dari kondisi faktual di kelas 3 SDN Kaliombo Kediri. Hasil wawancara dengan wali kelas dan asesmen diagnostik kognitif menunjukkan bahwa hanya 3% siswa berada pada kategori mahir, 26% cakap, 23% dasar, dan 48% lainnya perlu bimbingan khusus dalam literasi membaca. Kondisi ini mendorong peneliti untuk mengembangkan bahan ajar berbasis buku dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia guna meningkatkan literasi membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan, dan dampak bahan ajar terhadap peningkatan literasi. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak, dengan penilaian dari ahli angket 95%, desain bahan ajar 85%, bahasa 80%, dan materi 100%. Uji coba menggunakan desain One Group Pretest-Posttest menunjukkan data berdistribusi normal dengan hasil thitung = -12,338 < ttabel = -2,08596, yang berarti H1 diterima. Rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,8082 termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, penggunaan bahan ajar berbasis buku dongeng terbukti efektif meningkatkan literasi membaca siswa kelas 3 SDN Kaliombo Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | SIRINA ULINUHA KHUMAIROH |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:56 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |