Pengembangan bahan ajar ensiklopedia digital mata pelajaran pendidikan pancasila untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri

Putri, Cindy Claudia Aprilia (2025) Pengembangan bahan ajar ensiklopedia digital mata pelajaran pendidikan pancasila untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206069_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206069_bab1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
21206069_bab2.pdf

Download (464kB)
[img] Text
21206069_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
21206069_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21206069_bab5.pdf

Download (231kB)
[img] Text
21206069_daftarpustaka.pdf

Download (108kB)
[img] Text
21206069_lampiran.pdf

Download (7MB)
[img] Text
21206069_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan ensiklopedia digital Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan pemahaman materi karakteristik wilayah pada siswa kelas V MI Miftahul Falaah Manisrenggo. Latar belakang penelitian adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi tersebut akibat LKS yang tidak sistematis dan kurang visualisasi. Penelitian bertujuan mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan, dan efektivitas ensiklopedia digital dalam meningkatkan hasil belajar. Metode pengembangan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket validasi ahli, serta pretest dan posttest pada 5 siswa uji coba kecil dan 20 siswa uji coba besar. Hasil penelitian menunjukkan prosedur ADDIE berhasil diterapkan dengan baik. Kelayakan produk mendapat kategori sangat baik dari validasi ahli desain, materi, pembelajaran, dan pengguna, dengan reliabilitas tinggi pada instrumen tes. Efektivitas pembelajaran terbukti signifikan dengan peningkatan hasil belajar dari 57,4% menjadi 91,3%. Uji T menunjukkan perbedaan sangat signifikan antara pretest dan posttest, sedangkan uji N-Gain sebesar 0,80 mengindikasikan peningkatan kategori tinggi. Ensiklopedia digital terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi karakteristik wilayah dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: CINDY CLAUDIA APRILIA PUTRI
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:59
Last Modified: 29 Jul 2025 06:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18508

Actions (login required)

View Item View Item