Sariroh, Mahliyatus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
![]() |
Text
21208031_PRA BAB.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text
21208031_BAB I.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
21208031_BAB II.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
21208031_BAB III.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
21208031_BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21208031_BAB V.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
21208031_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
21208031_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
21208031_LEMBAR PESETUJUAN PUBLIS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi sistem pernapasan manusia terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Jogoroto Jombang. Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya tingkat hasil belajar siswa dan juga minta dalam pembelajaran dikelas. (2) Menguji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 8-C SMPN 2 Jogoroto Jombang (3) Menguji keefektifan media pembelajaran Articulate Storyline pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 2 Jogoroto Jombang. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Jogoroto Jombang dengan jumlah siswa di kelas 8-C sebanyak 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan penelitian dimulai dari analisis kebutuhan, perancangan desain media, pengembangan konten interaktif, implementasi media di kelas, dan evaluasi efektivitas melalui uji pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli media, ahli materi, dan ahli evaluasi, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline merupakan solusi tepat dalam mengatasi keterbatasan pembelajaran konvensional, serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPA, khususnya pada materi sistem pernapasan manusia. Dengan demikian, media ini layak digunakan dan dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran berbasis teknologi di sekolah menengah.Uji kelayakan didapatkan dari hasil penilaian validasi dari validator, media menunjukkan bahwa produk berada pada kategori sangat layak, sedangkan hasil uji keefektifan dengan analisis N-Gain menunjukkan rata-rata sebesar 0,7781 dengan begitu peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori sedang hingga tinggi. Uji-t diketahui nilai sebesar -34,043, juga menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Media interaktif yang dikembangkan mengintegrasikan berbagai elemen visual seperti animasi, video, kuis, dan narasi audio yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa, baik visual, auditori, maupun kinestetik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | MAHLIYATUS SARIROH |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:18 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |