PENGARUH PRODUK DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN WISATA PANTAI (Studi Pada Wisata Pantai Karang Jahe Rembang Jawa Tengah)

Falensa, Sugesti Wara (2025) PENGARUH PRODUK DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN WISATA PANTAI (Studi Pada Wisata Pantai Karang Jahe Rembang Jawa Tengah). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20401130_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20401130_bab1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
20401130_bab2.pdf

Download (144kB)
[img] Text
20401130_bab3.pdf

Download (198kB)
[img] Text
20401130_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
20401130_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
20401130_bab6.pdf

Download (73kB)
[img] Text
20401130_daftarpustaka.pdf

Download (74kB)
[img] Text
20401130_lampiran.pdf

Download (549kB)
[img] Text
20401130_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

SUGESTI WARA FALENSA, Dosen Pembimbing Dr. Hj. ZURAIDAH, M.Si dan VINA SEPTIANA PERMATASARI, M.SEI,. Pengaruh Produk dan Physical Evidence Terhadap Keputusan Pemilihan Wisata Pantai (Studi Pada Wisata Pantai Karang Jahe Rembang Jawa Tengah). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. 2024. Kata Kunci: Produk, Physical Evidence, Keputusan Pemilihan, Wisata, Pantai Industri pariwisata memiliki potensi besar untuk berkembang dan juga berperan dalam mendukung perekonomian dengan membuka peluang usaha dan meningkatkan devisa. Indonesia, dengan kekayaan alam dan budaya, memiliki potensi besar dalam pariwisata pantai. Keputusan berkunjung dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dapat dianalogikan dengan keputusan pembelian dalam pemasaran, yang diterapkan melalui bauran pemasaran 7P. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel produk dan physical evidence terhadap keputusan pemilihan wisata Pantai Karang Jahe Rembang Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausalitas dengan analisis deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh antara variabel independent dan variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini bersifat tak terhingga, sementara sampel yang digunakan berjumlah 349 responden. Hasil analisis data yang diperoleh dari 349 responden, ditemukan bahwa mayoritas responden menilai produk wisata dan physical evidence Pantai Karang Jahe Rembang dalam kategori baik, dengan presentase masing-masing 84,5% dan 84,8%. Selain itu, 84,5% responden menilai keputusan pemilihan wisata berada pada kategori tinggi. Uji statistik menunjukkan bahwa variabel produk (X1) dan physical evidence (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan (Y) secara parsial. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan nilai masing-masing 0,757 untuk produk dan 0,720 untuk physical evidence, dengan signifikansi 0,000 yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kedua variabel tersebut terhadap keputusan pemilihan wisata Pantai Karang Jahe Rembang. Hasil uji juga menunjukkan bahwa variabel produk dan physical evidence secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan wisata dengan nilai R2 sebesar 0,614% sedangkan sisanya 38,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dlaam penelitian ini. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pemahaman mengenai faktor yang mempengaruhi keputusan pengunjung dalam memilih destinasi wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150601 Impacts of Tourism
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Sugesti Wara Falensa
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:51
Last Modified: 10 Jul 2025 06:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18119

Actions (login required)

View Item View Item