Tyas, Firda Ayuning (2025) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Tata Surya pada Siswa di MTsN 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208011_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21208011_bab1.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
21208011_bab2.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
21208011_bab3.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
21208011_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
21208011_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21208011_daftarpustaka.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
21208011_lampiran.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
21208011_Lembar Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran yang mampu menyajikan materi secara lebih menarik dan mudah dipahami, khususnya pada materi sistem tata surya yang bersifat abstrak. Teknologi Augmented Reality (AR) dapat menjadi solusi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kontekstual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis AR yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 8 Kediri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Modul dikembangkan menggunakan Canva sebagai platform desain dan Assemblr Edu untuk menyematkan fitur AR. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media da Ahli pretest posttest. Uji coba produk dilakukan secara langsung di kelas VII A dengan 30 siswa sebagai subjek uji. Pengujian keefektifan modul dilakukan melalui uji normalitas, uji t (paired sample t-test), dan perhitungan N-Gain Score terhadap hasil pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dinilai sangat layak berdasarkan penilaian ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 93% , ahli media sebesar 96,5%, dan ahli pretest posttest sebesar 92%. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Sementara itu, nilai rata-rata N-Gain sebesar 67,37% dikategorikan dalam peningkatan sedang menuju tinggi. Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis AR ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0201 Astronomical and Space Sciences (Ilmu Astronomi dan Luar Angkasa) > 020102 Astronomical and Space Instrumentation (Instrumentasi Astronomi dan Luar Angkasa) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | FIRDA AYUNING TYAS |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:42 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |