Lutfiyanti, Farisa (2025) Efektivitas model problem based learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat belajar siswa kelas VII SMPN 4 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204083_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204083_bab1.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
21204083_bab2.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
21204083_bab3.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
21204083_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
![]() |
Text
21204083_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
![]() |
Text
21204083_bab6.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
21204083_daftarpustaka.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
21204083_lampiran.pdf Download (40MB) |
![]() |
Text
21204083_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat belajar siswa menjadi tantangan dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang belum mendorong keterlibatan aktif siswa serta kurangnya konteks budaya dalam proses belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) bernuansa etnomatematika, model PBL, dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat belajar siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Pare tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 348 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode cluster random sampling, dan diperoleh tiga kelas sebagai sampel penelitian dengan total 93 siswa. Kelas eksperimen I menggunakan model PBL bernuansa etnomatematika, kelas eksperimen II menggunakan model PBL, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket minat belajar siswa. Validasi instrumen dilakukan oleh ahli materi dan ahli evaluasi, kemudian diuji menggunakan teknik validitas isi melalui Aiken’s V. Analisis data dilakukan menggunakan Uji One Sample T-Test untuk mengukur efektivitas masing-masing model, Uji MANOVA untuk melihat perbedaan simultan antar model, dan uji lanjut Bonferroni dan Games-Howell untuk mengetahui letak perbedaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga model pembelajaran efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat belajar siswa (sig. < 0,05). Namun, model PBL bernuansa etnomatematika menunjukkan hasil paling tinggi dengan rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebesar 24,29 dan minat belajar sebesar 133,06. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi budaya lokal dalam pembelajaran berbasis masalah memberikan kontribusi besar dalam menciptakan proses belajar yang lebih kontekstual, bermakna, serta mampu mengembangkan potensi kognitif dan afektif siswa secara optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | FARISA LUTFIYANTI |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 02:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 02:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |