AKMALA PUTRI, IKLIMA NUR (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMK AL – AMIEN NGASINAN REJOMULYO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM KEDIRI.
![]() |
Text
prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21201109_bab1.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
21201109_bab2.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
21201109_bab3.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
21201109_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
![]() |
Text
21201109_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text
21201109_bab6.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
21201109_daftarpustaka.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
21201109_lampiran.pdf Download (915kB) |
![]() |
Text
21201109_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
Abstract
IKLIMA NUR AKMALA PUTRI : 21201109, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas Di SMK Al– Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri. Dosen Pembimbing I, Dr. Khainuddin, S.Pd.I, M.Ag, Dosen Pembimbing II, Husnul Khotimah M.Pd.I. : Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter siswa. Penelitian tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa ini sangat penting dilakukan, mengingatkan bagaimana generasi sekarang yang minim karakter dan mudah mendekati hal-hal yang berbau menyimpang. Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui karakter siswa SMK Al – Amien. Dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter siswa SMK Al – Amien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari data yang telah disesuaikan, kemudian dilakukan triangulasi data untuk memastikan validitas informasi yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa ada Sembilan, yaitu guru Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik, fasilitator, pembimbing, penyedia lingkungan, komunikator, model, evaluator, motivator, dan penilaian. Dan nilai – nilai karakter yang terbentuk meliputi nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. (2) faktor eksternal yang menjadi penghambat dan pendukung membentuk karakter siswa meliputi insting atau naluri, adat atau kebiasaan, kehendak, dan keturunan, sedangkan faktor ekstern yang menjadi penghambat dan pendukung membentuk karakter siswa meliputi Pendidikan dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | IKLIMA NUR AKMALA PUTRI |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:47 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 01:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |