Istivania, Siti Lutfita (2025) فعالية تطبيق كويزيز كوسيلة تقييم لتحسين إتقان المفردات والقواعد في تعليم اللغة العربية للصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية السادسة عانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21203010_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21203010_bab1.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
21203010_bab2.pdf Download (807kB) |
![]() |
Text
21203010_bab3.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
21203010_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
![]() |
Text
21203010_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
![]() |
Text
21203010_bab6.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
21203010_daftarpustaka.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
Surat Peryataan .pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi hal yang penting untuk menunjang efektivitas proses pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran Bahasa Arab. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah penggunaan aplikasi berbasis kuis interaktif seperti Quizizz sebagai media evaluasi. Evaluasi pembelajaran yang menarik dan interaktif diyakini mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta memperkuat penguasaan materi, khususnya dalam aspek mufrodat (kosakata) dan qowaid (tata bahasa) yang merupakan komponen utama dalam penguasaan Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen bentuk Quasi Eksperimental Design yang digunakan tipe Nonequivalent Kontrol Group Design, dalam desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik nonparametrik yakni uji mann whitney. Penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan mufrodat dan qowaid pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas VII, Siswa sangat bersemangat dan antusias mengikuti evaluasi menggunakan aplikasi Quizizz. Berdasarkan data penelitian diperoleh dari kelas kontrol rata-rata nilai pretest adalah 65,17 dan rata-rata nilai postest adalah 82,50, sedangkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest adalah 69,52 dan rata-rata nilai postest adalah 88,23. Adapun hasil yang diperoleh dari uji mann whitney menyatakan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,001 dan nilai tersebut dibawah dari nilai signifikansi yang ditetapkan yakni 0,05. Maka berdasarkan dasar pengambilan hipotesis uji mann whitney yaitu H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat dan qowaid pada pembelajaran bahasa arab kelas VII di MTsN 6 Nganjuk.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | SITI LUTFITA ISTIVANIA |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:26 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |