'Aini, Irma Qurrotul (2025) Efektivitas Media Permainan Bahasa Berbasis Powerpoint Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Qowaid Siswa Kelas XI MAN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21203084_prabab.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
21203084_bab1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21203084_bab2.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
21203084_bab3.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21203084_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
21203084_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21203084_bab6.pdf Download (739kB) |
![]() |
Text
21203084_daftarpustaka.pdf Download (453kB) |
Abstract
Qowaid adalah salah satu unsur penting dalam memahami bahasa arab. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami qowaid bahasa arab sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Efektivitas Media Permainan Bahasa Berbasis Powerpoint Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Qowaid Siswa Kelas XI MAN 2 Kediri.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media permainan bahasa berbasis PowerPoint dalam meningkatkan hasil belajar qowaid siswa kelas XI MAN 2 Kediri serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media permainan bahasa berbasis PowerPoint dalam pembelajaran qawaid siswa kelas XI di MAN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan bentuk quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI-B yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-C yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas control. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, Uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan nilai asymp.sig sebesar 0,00, maka 0,00 < 0,05 artinya penggunaan media permainan bahasa berbasis powerpoint lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningatkan hasil belajar qowiad siswa kelas11 MAN 2 Kediri. Siswa juga merasa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, tidak membosankan, dan lebih mudah dipahami. Permainan interaktif turut berkontribusi dalam meningkatkan motivasi, keaktifan, dan kepercayaan diri siswa dalam memahami materi qawaid.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | IRMA QURROTUL 'AINI |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:16 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |