Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa SMA

Maula, Alfaizatu Rohmatul (2024) Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa SMA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20204042_prabab.pdf

Download (746kB)
[img] Text
20204042_bab1.pdf

Download (43kB)
[img] Text
20204042_bab2.pdf

Download (106kB)
[img] Text
20204042_bab3.pdf

Download (137kB)
[img] Text
20204042_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
20204042_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
20204042_bab6.pdf

Download (66kB)
[img] Text
20204042_daftarpustaka.pdf

Download (158kB)
[img] Text
20204042_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
20204042_lembarpersetujuan .pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan pemahaman konsep matematis dan efikasi diri terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa SMA. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XI SMAN 7 Kota Kediri. Menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel adalah 62 siswa SMAN 7 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan penalaran adaptif matematis serta non tes berupa pemberian angket efikasi diri. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar soal kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan penalaran adaptif matematis materi peluang serta lembar angket skala efikasi diri. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Kemampuan pemahaman konsep matematis memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara parsial terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa kelas XI SMAN 7 Kota Kediri; (2)Efikasi diri tidak memiliki hubungan yang positif dan signifikan secara parsial terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa kelas XI SMAN 7 Kota Kediri; (3) Kemampuan pemahaman konsep matematis dan efikasi diri secara simultan memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa kelas XI SMAN 7 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Alfaizatu Rohmatul Maula
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:21
Last Modified: 19 Jun 2025 03:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17601

Actions (login required)

View Item View Item