Muniroh, Wasilatul (2024) Pengaruh Motivasi Menghafal Al-Qur'an Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932307020_prabab_wasilatul muniroh.pdf Download (2MB) |
|
Text
932307020_bab 1_wasilatul muniroh.pdf Download (299kB) |
|
Text
932307020_bab 2_wasilatul muniroh.pdf Download (202kB) |
|
Text
932307020_bab 3_wasilatul muniroh.pdf Download (247kB) |
|
Text
932307020_bab 4_wasilatul muniroh.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
|
Text
932307020_bab 5_wasilatul muniroh.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
932307020_bab 6_wasilatul muniroh.pdf Download (175kB) |
|
Text
932307020_daftar pustaka_wasilatul muniroh.pdf Download (122kB) |
|
Text
932307020_lampiran_wasilatul muniroh.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
932307020_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi silaa.pdf Download (130kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan Pengaruh Motivasi Menghafal Al-Quran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian non-eksperimental. Subjek dari penelitian ini berjumlah 18 siswa kelas 9 SMP NU Sabilil Huda yang mengikuti program Tahfidzul Qur’an. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik sampel jenuh karena populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket yang digunakan untuk mengukur motivasi menghafal Al-Qur’an siswa dan tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik analisis data yaitu menggunakan regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS versi 20 for windows. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi menghafal Al-Qur’an terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang ditunjukkan dengan harga R=0,925 yang berkategori memiliki hubungan yang sangat kuat/tinggi. Besarnya pengaruh motivasi menghafal Al-Qur’an yaitu sebesar 85,5% yang dibuktikan (R^2= 0,855 dan p=0,000<0,05), dan sisanya adalah merupakan variabel lain yaitu sebesar 14,5%
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | WASILATUL MUNIROH |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 07:28 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 07:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16248 |
Actions (login required)
View Item |