Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal HOTS Keislaman Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Hapsari, Arsilla Mustikaning (2024) Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal HOTS Keislaman Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20204059_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20204059_bab2.pdf

Download (460kB)
[img] Text
20204059_bab1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
20204059_bab3.pdf

Download (371kB)
[img] Text
20204059_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
20204059_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20204059_bab6.pdf

Download (593kB)
[img] Text
20204059_daftar pustaka.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Form_Pernyataan_Persetujuan_Publikasi[1].pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis dalam menyelesaikan soal HOTS keislaman ditinjau dari gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik untuk memperoleh data adalah dengan tes tulis, wawancara yang telah divalidasi oleh ahli, dan tes gaya kognitif field dependent-field independent yang dikembangkan oleh Witkin disebut tes GEFT. Soal tes dan tes GEFT diberikan kepada seluruh siswa di MTsN 4 Kediri kelas VII A terdiri dari 22 siswa, namun siswa yang hadir sebanyak 19 siswa. Setelah diberikan tes GEFT untuk mengukur masing-masing gaya kognitif siswa, dilakukan tes tulis berupa HOTS keislaman. Dengan menggunakan teknik purposive sampling terpilih 4 siswa sebagai partisipan yang terdiri dari 2 siswa field dependent dan 2 siswa field independent yang kemudian jawaban partisipan dianalisis dan dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal dengan gaya kognitif field dependent secara umum tidak mampu berkomunikasi matematis dengan karakter tidak cukup mandiri dan terstruktur dan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal dengan gaya kognitif field independent secara umum mampu berkomunikasi matematis dengan karakter lebih terstruktur dan mandiri. penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar baru dengan konteks keislaman, membantu melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS keislaman ditinjau dari gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Arsilla Mustikaning Hapsari
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:06
Last Modified: 12 Nov 2024 04:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15712

Actions (login required)

View Item View Item