Hapsari, Arsilla Mustikaning (2024) Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal HOTS Keislaman Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20204059_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
20204059_bab2.pdf Download (460kB) |
|
Text
20204059_bab1.pdf Download (421kB) |
|
Text
20204059_bab3.pdf Download (371kB) |
|
Text
20204059_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text
20204059_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
20204059_bab6.pdf Download (593kB) |
|
Text
20204059_daftar pustaka.pdf Download (262kB) |
|
Text
Form_Pernyataan_Persetujuan_Publikasi[1].pdf Download (186kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis dalam menyelesaikan soal HOTS keislaman ditinjau dari gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik untuk memperoleh data adalah dengan tes tulis, wawancara yang telah divalidasi oleh ahli, dan tes gaya kognitif field dependent-field independent yang dikembangkan oleh Witkin disebut tes GEFT. Soal tes dan tes GEFT diberikan kepada seluruh siswa di MTsN 4 Kediri kelas VII A terdiri dari 22 siswa, namun siswa yang hadir sebanyak 19 siswa. Setelah diberikan tes GEFT untuk mengukur masing-masing gaya kognitif siswa, dilakukan tes tulis berupa HOTS keislaman. Dengan menggunakan teknik purposive sampling terpilih 4 siswa sebagai partisipan yang terdiri dari 2 siswa field dependent dan 2 siswa field independent yang kemudian jawaban partisipan dianalisis dan dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal dengan gaya kognitif field dependent secara umum tidak mampu berkomunikasi matematis dengan karakter tidak cukup mandiri dan terstruktur dan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal dengan gaya kognitif field independent secara umum mampu berkomunikasi matematis dengan karakter lebih terstruktur dan mandiri. penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar baru dengan konteks keislaman, membantu melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS keislaman ditinjau dari gaya kognitif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1702 Cognitive Sciences > 170299 Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Arsilla Mustikaning Hapsari |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 04:06 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 04:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15712 |
Actions (login required)
View Item |