Mukaromah, Lina (2024) فعالية استخدام وسيلة التقويم كاهوت في تعليم اللغة العربية لدى طلاب الفصل الثامن (أ) بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة نجانجوك. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20203068_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20203068_bab1.pdf Download (333kB) |
|
Text
20203068_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
20203068_bab3.pdf Download (417kB) |
|
Text
20203068_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
Text
20203068_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
Text
20203068_bab6.pdf Download (168kB) |
|
Text
20203068_daftarpustaka.pdf Download (313kB) |
|
Text
20203068_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
20203068_suratpernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
Abstract
Dalam evaluasi pembelajaran, guru belum mampu memanfaatkan penggunaan media yang menarik sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Guru dapat memanfaatkan kahoot dalam proses evaluasi pembelajaran bahasa arab. Maka penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui penerapan penggunaan media evaluasi kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas 8A MTsN 3 Nganjuk; (2)mengetahui hasil belajar siswa kelas 8A MTsN 3 Nganjuk pada mata pelajaran bahasa Arab; (3)mengetahui efektivitas penggunaan media evaluasi kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas 8A MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya menggunakan penelitian eksperimental dengan desain Pre-Eksperimental atau One Group Ptetest Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 33 siswa kelas 8A dari 338 siswa kelas 8. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data kahoot menggunakan uji statistic deskriptif. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Penerapan penggunaan media evaluasi kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas 8A MTsN 3 Nganjuk dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yang berjalan secara lancar di dalam kelas. (2)Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan sesudah menggunakan kahoot, hal ini ditunjukkan dengan nilai dari mean, median dan modus dari hasil posttest lebih tinggi daripada hasil pretest. (3)Terdapat efektivitas penggunaan media evaluasi kahoot dalam pembelajaran bahasa Arab dengan hasil Uji Normalitas dan Uji Paired Sample T-Test nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,00. Nilai tersebut berarti <0,05 dari taraf signifikasi, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Lina Mukaromah |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 01:53 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 01:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15458 |
Actions (login required)
View Item |