العلاقة بين حفظ متن الآجرمية وقدرة القواعد النحوية لطلاب الصف الأول من المدرسة الدينية بيسانترين سونان كاليجاجا جومبانج جاوى الشرقية

Laili, Nova Nur (2024) العلاقة بين حفظ متن الآجرمية وقدرة القواعد النحوية لطلاب الصف الأول من المدرسة الدينية بيسانترين سونان كاليجاجا جومبانج جاوى الشرقية. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20203095_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20203095_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20203095_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20203095_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20203095_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
20203095_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
20203095_bab6.pdf

Download (524kB)
[img] Text
20203095_daftarpustaka.pdf

Download (820kB)
[img] Text
20203095_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20203095_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (322kB)

Abstract

Laili, Nova Nur. Dosen Pembimbing Sholihuddin Ahmad, M.Pd.I dan Faiqoh, Putri Kholida, M.Pd. Korelasi Antara Hafalan Matan Al-Ajurumiyyah Dengan Kemampuan Al-Qawaid An-Nahwiyah Santri Diniyah Kelas Wustho 1 Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Jombang Jawa Timur, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Korelasi, Matan Al - Ajurumiyyah, Al-Qawa‟id An-Nahwiyah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat korelasi yang signifikan antara hafalan kitab Matan Al - Ajurumiyyah dengan kemampuan al-qawa’id an-nahwiyah santri Diniyah kelas Wustho Awal Pondok Pesantren Sunan Kalijaga, juga untuk menganalisis apa faktor yang mempengaruhi adanya korelasi tersebut. Peneliti mengambil judul ini karena terdapat pandangan yang menuduh bahwa umat Islam hanya mementingkan hafalan material dan menelantarkan pemahaman. Sehingga perlu ditegaskan bahwa metode hafalan dalam pendidikan Islam dimaksudkan untuk menunjang dan membantu pemahaman. Jenis metode pada penelitian ini adalah noneksperimental dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel kelas Wustho I yang berjumlah 30 santri. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson (Product Moment) untuk melihat hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian pada uji kerlasi Pearson menunjukkan bahwa berdasarkan nilai r hitung (Pearson Correlation) yaitu 0,972 yang diperoleh maka kriteria kekuatan hubungan antara variabel hafalan Matan Al-Ajurumiyyah Kemampuan Al-Qawa’id An- Nahwiyah mempunyai hubungan yang sangat kuat. Sedangkan hasil penelitian pada uji deskriptif statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan hafalan matan Al- Ajurumiyyah dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 82.00. Sedangkan nilai rata-rata tes kemampuan Al-Qawa’id An-Nahwiyah dalam kategori sangat baik juga, yaitu sebesar 85.33. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran naḥwu untuk penguasaan Al-Qawā‟id An-Nahwiyyah dengan menggunakan metode hafalan matan Al- Ajurumiyyah, santri kelas Wustho Awal mendapatkan nilai rata-rata yaitu 83,66 dalam kategori sangat baik. Hasil analisis peneliti tentang beberapa faktor yang mempengaruhi adanya korelasi antara hafalan kitab Matan Al-Ajurumiyyah dengan kemampuan Al- Qawa’id An-Nahwiyah Santri Madrasah Diniyyah Kelas Wustho Awal yaitu karena adanya faktor Internal dan Faktor Eksternal. Faktor Internal meliputi motivasi, minat, kondisi psikologis, kondisi emosional, proses kognitif, proses pemahaman, Latihan dan pengulangan. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan belajar, waktu/durasi belajar, metode pembelajaran, interaksi sosial dan dukungan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: NOVA NUR LAILI
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:54
Last Modified: 14 Oct 2024 04:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15425

Actions (login required)

View Item View Item